Tolak PHK, Buruh PT Krakatau Steel Turun ke Jalan

Buruh saat melakukan unjuk rasa di Gedung Teknologi PT Krakatau Steel. (Foto: TitikNOL)Buruh saat melakukan unjuk rasa di Gedung Teknologi PT Krakatau Steel. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Ribuan buruh di Kota Cilegon, melakukan aksi unjuk rasa di Gedung Teknologi PT Krakatau Steel (KS). Unjuk rasa itu sebagai bentuk penolakan para buruh, terhadap kebijakan restrukturisasi yang berdampak pada di PHKnya buruh pabrik baja tersebut.

Sejumlah perwakilan forum buruh secara bergantian melakukan orasi di atas mobil komando menggunakan pengeras suara. Dalam orasinya, mereka menyampaikan tuntutan serta alasan penolakan terhadap kebijakan restrukturisasi PT KS.

Ketua Forum Serikat Buruh KS (FSBKS) Sanudin mengatakan, buruh menolak restrukturisasi itu karena PT KS dinilai belum menempuh sejumlah prosedur yang sesuai peraturan.

Menurutnya, menyikapi persoalan perusahaan bisa disikapi dengan cara lain, selain dengan merumahkan bahkan memPHK para buruh. Salah satunya dengan mengurangi tunjangan-tunjangan para pejabat KS, yang dinilai jauh lebih besar dibandingkan dengan yang buruh terima.

Sanudin mengutarakan kekecawaan buruh terhadap direksi PT KS yang enggan menemui para buruh.

"Direksi tutup mata tutup telinga padahal buruh ingin menyampaikan secara langsung solusi-solusi lain yang tidak merugikan para buruh," tegasnya Sanudin, Selasa (2/7/2019).

Lantara kesal dengan pihak PT KS yang tidak bersedia menemui mereka, para buruh akhirnya melanjutkan aksinya ke Kantor Wali kota Cilegon, dengan harapan pemerintah bisa menjembatani para buruh dengan direkti PT KS. (Ardi/TN1).

Komentar