Minggu, 21 Juli 2024

Usai PT Nikomas Gemilang, Giliran PT PWI Buka Pengunduran Sukarela Seribu Karyawan

Ilustrasi. (Dok: Bisnis)
Ilustrasi. (Dok: Bisnis)

SERANG, TitikNOL - Kondisi industri yang bergerak di bidang sepatu di Kabupaten Serang, Banten terkena guncangan ekonomi global.

Sejauh ini, usai salah satu pabrik sepatu terbesar di Asia yakni PT Nikomas Gemilang menawarkan pengunduran sukarela 1.600 karyawan, kabar itu diikuti oleg PT Parland World Indonesia (PWI) yang membuka kuota pengunduran seribu karyawan.

Dalam surat yang beredar yang ditandatangani Direktur HRD PT PWI Absori, krisis global membawa dampak buruk pada kondisi perusahaan. Sehingga pemesanan produk semakin turun drastis.

“Diberitahukan kepada seluruh karyawan/ti PT. Parkland World Indonesia bahwa sehubungan dengan kondisi perusahaan yang makin terpuruk akibat krisis global dan penurunan order yang cukup signifikan, maka untuk mengurangi beban perusahaan bersama ini disepakati dengan Serikat Pekerja/Serikat Buruh perihal program penawaran pengunduran diri,” tulis dalam surat.

Kebijakan program penawaran pengunduran diri itu bersifst sukarela untuk karyawan yang usianya telah mencapai 45 tahun keatas.

Bagi karyawan yang sukarela mengundurkan diri, bakal diberi uang kebijakan dengan nilai setara pesangon satu PMTK sesuai ketentuan pasal 156 ayat ( 2 ) , ( 3 ) dan ( 4 ) UU Ketenagakerjaan No 13 Tahun 2003.

"Bagi karyawan yang berminat mengajukan permohonan pengunduran diri sebagaimana dimaksud di atas dapat segera mendaftarkan ke HRD langsung atau melalui Administrasi masing-masing bagian," tulisnya.

Pengunduran diri yang dikeluarkan PT PWI akan disampaikan hingga akhir Januari 2023 usai terpenuhinya kuota 1.000.

"Program pengunduran diri khusus ini berlaku sejak pemberitahuan ini disampaikan sampai dengan akhir Januari 2023 dan atau terpenuhinya kuota 1.000 orang tersebut," tutupnya. (TN3)

Komentar