Volume Kendaraan di Tol Tangerang - Merak saat Puncak Mudik Lebaran Diprediksi Meningkat 5,6 Persen

Ilustrasi. (Dok: Okezone)Ilustrasi. (Dok: Okezone)

SERANG, TitikNOL - ASTRA Tol ring road selaku pengelola jalan tol Tangerang - Merak, memprediksi jika volume lalu lintas pada periode arus mudik 2018 ini meningkat sebesar 5,6% dibandingkan pada periode yang sama di tahun 2017.

Diprediksi, akan ada 163.758 kendaraan yang masuk ke Tol Tangerang - Merak di hari puncak arus mudik. Jumlah itu meningkat dari 151.808 kendaraan di puncak mudik tahun lalu, serta mengalami peningkatan sebesar 19,4% bila dibandingkan dengan rata-rata lalu lintas harian saat ini yang berada di kisaran 137.171 kendaraan.

Dimana total arus kendaraan periode H-7 s.d. H+7 lebaran adalah sebanyak 2 juta lebih kendaraan dengan puncak arus mudik dimulai H-7 dan H-3 lebaran serta arus wisata H+2 sampai dengan H+7. Sedangkan puncak arus balik pada H+7 tepatnya tanggal 22 Juni 2018 dan H+8 yaitu tanggal 24 Juni 2018.

“Kami memprediksi sebanyak 2 juta lebih kendaraan yang melintasi Tol Tangerang-Merak pada periode arus mudik dan balik dan di antaranya adalah para wisatawan,” kata Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti Ade Sudiyono.

Pada arus mudik tahun ini kata Ade, berbagai peningkatan layanan telah disiapkan bagi pengguna Jalan Tol Tangerang-Merak, baik dari segi layanan transaksi, manajemen lalu lintas, sosialisasi informasi, posko pelayanan siaga juga layanan peningkatan infrastruktur jalan.

“Sebagai langkah antisipatif sebelum menghadapi kepadatan lalu lintas, kami telah mengawali pekerjaan penambahan lajur ke-4 Tol Tangerang-Merak, yang sudah rampung mulai dari KM 26+039 Bitung hingga KM 31+500 Cikupa,” ungkapnya.

Selain itu, di awal tahun ini juga sudah dilakukan pekerjaan penambahan lajur ke-4 mulai dari Cikupa KM 31+900 hingga Balaraja Barat KM 39+200, sepanjang 7,3 km ini siap untuk melayani arus mudik pada H-10 Lebaran ini.

”Kami siapkan lajur ke-empat dari Bitung sampai dengan Balaraja Barat untuk mudik dan liburan,” tukasnya. (Gat/TN1)

Komentar