Warga Bantaran Sungai Pesanggrahan Terancam Longsor‎

Ketua RT 04, RW 06 Jalan Lembah 1, Akhya Rudin saat menunjukan jalan yang retak dan terancam longsor. (Foto: TitikNOL)
Ketua RT 04, RW 06 Jalan Lembah 1, Akhya Rudin saat menunjukan jalan yang retak dan terancam longsor. (Foto: TitikNOL)

TANGSEL, TitikNOL - Warga Jalan Lembah 1, RT 04, RW 06, Kelurahan Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) ketar-ketir. Pasalnya, kampung yang disinggahi sekitar 70 KK tersebut terancam longsor.

Pantauan wartawan, kampung yang berada di atas Sungai Pesanggrahan, dengan lokasi bertebing tersebut sangat rawan longsor. Hal itu terlihat dari aspal Jalan Lembah I mulai retak dan miring ke mulut jurang.‎‎

Ketua RT 04, RW 06 Jalan Lembah 1, Akhya Rudin kepada wartawan mengatakan, tanah retak mulai terjadi pasca hujan deras yang melanda Tangerang Selatan pada tanggal 19-20 Februari 2021 lalu.

Menurut Akhya, jalan sepanjang 100 meter yang sudah diaspal tersebut kini retak dan terancam longsor hingga mengancam keselamatan warga.

"Tanah retaknya itu kelihatan pasca hujan deras dua hari lalu. Sebelumnya belum retak tanahnya. Warga disini khawatir, kalau turun hujan deras lagi bisa saja longsor ini," ujar Akhya, Senin (22/2/2021).

Untuk mengantisipasi terjadinya korban jiwa, Akhya bersama warga sekitar memberikan batas patok menggunakan tali plastik sepanjang jalan yang tanahnya retak.

Dia juga mengaku, pihak Kelurahan Cirendeu sudah turun ke lokasi. Namun menurutnya hingga saat ini belum ada kelanjutannya.

"Kita butuh perhatian, dan cepat direalisasikan untuk menghindari longsor. Bukan cuma cek-cek aja ke lokasi, tapi nggak ada kelanjutannya. Apalagi ini satu-satunya akses jalan warga disini," tuturnya sambil menunjuk ke arah tanah yang retak.

Informasi yang berhasil dihimpun, peristiwa aspal retak di Kampung Cirendeu, Jalan Lembah I, saat ini paling parah. Dengan adanya peristiwa itu, warga setempat tengah menanti penanganan Pemkot Tangsel yang tak kunjung datang.‎

Terpisah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tangerang Selatan, Chaerudin, mengaku akan meneruskan informasi tanah retak di Jalan Lembah 1, Kelurahan Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur tersebut ke Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Tangsel.

"Sudah saya terusin ke Pak Kadis PU. Terima kasih infonya," tuturnya singkat saat dikonfirmasi.‎‎ (Don/TN1)

Komentar