Warga Bayah Kembali Keluhkan Polusi Debu Pabrik Semen Merah Putih

LEBAK, TitikNOL - Aktivitas pabrik Semen Merah Putih milik PT. Cemindo Gemilang yang berlokasi di Desa Darmasari, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, kembali dikeluhkan warga.

Marto (54), salah seorang warga di wilayah tersebut, mengelukan adanya polusi debu yang berterbangan di Area Dermaga PT. Cemindo Gemilang. Dikatakan Marto, polusi debu itu muncul saat pengisian clinker ke Kapal.

"Makanya heran, itu setiap harinya mengeluarkan debu. Dari dulu sampai debu kemana - mana, menyelimuti jalan umum. Kalau kita lewat nggak pakai helm, busyet perihnya kena mata," ujar Marto, Selasa (15/3/2022).

Marto mengakui jika dirinya dan warga lainnya kerap menyampaikan keluhan ke pihak PT. Cemindo Gemilang, namun selalu diabaikan.

"Iya seperti itu, seperti yang di video itu. Sudah berkali-kali kami sampaikan ke pihak PT. Cemindo, bahkan disampaikan ke rekan - rekan media di Kecamatan Bayah nggak mempan. PT. Cemindo Gemilang ngak pernah merespon," tandas Marto.

Menurutnya, dampak debu terparah terjadi, jika arah angin mengarah ke Bayah atau wilayah TPI.

"Masyarakat sangat terganggu, padahal dampak debu itu sudah terjadi bertahun - tahun. Setiap bongkar, setiap mengisi Clinker ke kapal, pasti debu kemana-mana," imbuhnya.

Sementara itu, hingga berita ini dilansir, TitikNOL masih berupaya mendapatkan konfirmasi dari pihak PT. Cemindo Gemilang. (Gun/TN)

Komentar