Warga Keluhkan Bau Busuk dari TPST Bojong Menteng

Ilustrasi. (Dok: Prfmnews)Ilustrasi. (Dok: Prfmnews)

SERANG, TitikNOL - Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) di Bojong Menteng, Kecamatan Tanjung Teja, Kabupaten Serang dikeluhkan warga.

Pasalnya, tumpukan dari berbagai jenis sampah tersebut kerap menyeruak bau busuk yang menyengat.

Ari (22), salah satu anggota Gerakan Mahasiswa Tanjung Teja mengatakan, sejak turunnya hujan di akhir pekan ini, warga sering mengeluhkan bau busuk yang berasal dari TPST.

"Sampah di situ (TPST Bojong Menteng) menimbulkan efek bau yang parah," katanya kepada TitikNOL, Minggu (7/7/2019).

Menurutnya, tidak jarang warga sekitar yang terkena dampak bau itu terganggu hingga hilang selera makannya.

Selain bau busuk yang menyengat, kata Ari, warga juga khawatir dengan kemunculan lalat yang akan membawa wabah penyakit.

"Lebih parahnya lagi kalau abis ujan banyak lalat yang hinggap ke pemukiman," ujarnya.

Untuk menghindari hinggapan lalat, cara yang dapat dilakukan para warga hanya menutup rapat-rapat makanan baik instan ataupun olahan.

Ari pun menuturkan, sejak berdirinya TPST di Bojong Menteng dari tahun 2002 sampai saat ini, pemerintah daerah dinilai abai dalam memperhatikan warga yang terkena dampak bau busuk tersebut.

"Artinya kan ini masalah yang sangat panjang dan rumit. Saat ini rata-rata dari masyarakat menolak adanya pembuangan sampah di Bojong Menteng," terangnya.

Dikatakan Ari, saat ini pihaknya sedang melakukan kajian terkait Standar Operasional Prosedur (SOP). Jika ditemukan pelanggaran, maka pihaknya bersama masyarakat akan menggelar aksi kepada dinas terkait.

"Kami sedang melakukan konsolidasi dengan teman mahasiswa dari Kecamatan yang lain, kedepannya kami akan demontrasi untuk mencabut perizinannya," tegasnya. (Son/TN1)

Komentar