Warga Keluhkan Bau Kimia Menyengat Diduga dari PT Chandra Asri

Salah satu pabrik kimia di Ciwandan, Kota Cilegon. (Foto: TitikNOL)Salah satu pabrik kimia di Ciwandan, Kota Cilegon. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Warga Lingkungan Cilodan, Kelurahan Gunung Sugih, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, mengeluhkan bau menyengat. Bau menyengat itu diduga berasal dari pabrik kimia yang ada di daerah tersebut.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, bau kimia menyengat itu tercium oleh warga sejak beberapa hari terakhir. Akibatnya, banyak warga mengalami sakit kepala, pusing hingga mual - mual.

Bau menyengat sangat dirasakan warga RT 16 RW pada siang hari sekitar pukul 11.00 - 13.30 WIB.

Warga menduga, bau menyengat itu bersumber dari PT Chandra Asri Petrochemical (CAP). Apalagi pabrik kimia rakasasa itu lokasinya paling dekat dengan Lingkungan Cilodan.

"Baunya itu seperti bau gas elpiji, kayaknya dari PT Chandra Asri. Terus mau ini sudah sering terjadi tapi beberapa hari ini paling parah baunya," ungkap salah seorang warga, Noviar kepada wartawan, Senin (10/6/2019).

Dikonfirmasi terlisah, Community Relations Officer PT Chandra Asri Petrochemical, Wawan Mulyana, membantah bahwa bau kimia menyengat yang dikeluhkan warga Cilodan berasal dari pabri Chandra Asri.

Dia mengatakan, berdasarkan hasil pengecekan terhadap sejumlah komponen serta lingkungan, tidak ada menunjukan hal yang tidak normal atau menyebabkan bau tersebut.

"Kita cek semuanya normal, itu ditunjukan data-data verifikasi dari beberapa tempat, mulai dari pinggir jalan umum, jetty dan jembatan sea water return. Kemudian di dalam plan juga kita cek takut ada kebocoran, di parameter yang ada tidak ada tanda-tanda menunjukan kebocoran," katanya.

Wawan menduga, bau kimia yang tercium oleh warga bisa saja berasal dari tempat lain yang terbawa angin. (Ardi/TN1).

Komentar