Warga Keluhkan Pencemaran Limbah yang Diduga dari PT Dover Chemical

Salah seorang warga saat menunjukan aliran selokan yang tercemar. (Foto: TitikNOL)
Salah seorang warga saat menunjukan aliran selokan yang tercemar. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Warga Lingkungan Kali Biru, kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, mengeluhkan adanya bau menyengat yang berasal dari aliran air selokan yang tidak jauh dari pemukiman.

Warga menyebut, selokan bau tersebut diakibatkan karena tercemar limbah yang berasal dari PT Dover Chemical.

Gumani, Ketua RW setempat mengungkapkan, akibat bau menyengat tersebut menyebabkan banyak warga yang mual dan pusing.

"Baunya kayak bau jengkol direbus, tapi ini baunya lebih menyengat sampai membuat perut mual dan pusing. Kemudian setelah saya cek aliran selokan di belakang rumah pas dilihat airnya warna hitam pekat," ungkap Gumani saat dikonfirmasi, Senin (29/1/2018).

Setelah mengetahui adanya aliran selokan yang tercemar lanjut Gumani, ia kemudian melaporkan pencemaran tersebut kepada pihak kelurahan setempat untuk dilakukan pengecekan.

Gumani menyebut, pencemaran itu diakibatkan karena adanya pembuangan limbah dari PT Dover Chemical. Bahkan pencemaran limbah seperti ini kerap terjadi di pemukiman warga sejak beberapa bulan kebelakang.

"Sudah pasti ini dari PT Dover karena pipa pembuangan dari dalam pabrik langsung mengalir ke aliran selokan warga," ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Penataan Peningkatan Kapasitas Lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) Kota Cilegon Edi Suhadi mangatakan, setelah mendapatkan informasi dari warga terkait adanya pencemaran, pihaknya langsung mendatangi lokasi pencemaran untuk melakukan pemeriksaan.

Edi membenarkan jika di sekitar lokasi pencemaran terdapat bau menyengat yang berasal dari aliran selokan warga yang tepat bersebelahan dengan PT Dover Chemical.

"Memang saat kita datang ke sana masih bau, lalu pihak kelurahan sudah ambil sample. Kami tadinya mau ambil sample, tapi kan hujan," ujarnya.

Untuk memastikan pencemaran di aliran selokan warga, Edi mengaku telah melakukan pengecekan dan pemeriksaan ke dalam perusahaan untuk mengambil sample limbah.

"Mereka (perusahaan-red) mengatakan itu limbah domestic yang berasal dari karyawan Dover. Kalau untuk limbah proses produksi, itu tidak banyak ada penampungan bak sendiri dibawa ke plant A," jelasnya.

Sementara itu, hingga kini belum ada keterangan resmi dari PT Dover Chemical terkait dugaan pencemaraan limbah tersebut. (Ardi/TN1).

TAG limbah
Komentar