Waspada! Badai El Nino dan Puting Beliung Mengancam Banten Sampai April

Ilustrasi badai El Nino. (Dok: jitunews)
Ilustrasi badai El Nino. (Dok: jitunews)

SERANG, TitikNOL – Usai hujan lebat selama sepekan terakhir ini wilayah di Banten, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memperediksi akan terjadi badai el nino dan puting beliung sampai April nanti.

Kepala BPBD Banten Sumawijaya, membenarkan hal tersebut. Kata dia, berdasarkan hasil rapat bersama Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Serang, intensitas hujan tinggi akan terjadi sampai akhir Februari.

"Bahkan BMKG memprediksikan akan datang masa badai elnino pasca intensitas curah hujan yang tinggi. Hembusan cuaca el nino ini akan terjadi sampai April," kata Sumawijaya, di Kota Serang, Senin (13/2/2017).

Tak hanya itu, puting beliung pun diprediksi akan melanda wilayah Banten. "Ada masa elnino akan masuk kita, lalu kemungkinan ekstrimnya puting beliung sampai April se-Banten," ungkapnya.

Dan titik terjadinya elnino akan terjadi di Pulai Panaitan. "Titiknya ada disebelah ujung Panaitan," sambungnya.

BPBD pun menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap siaga dan waspada. "Masyarakat yang kondisinyan kurang baik, apalagi rumah yang menggunakan plafon, kita himbau agar berhati-hati. Kita berharap tidak terjadi itu," pungkasnya. (Gat/Rif)

TAG bpbd
Komentar