Waspada! BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi

Ilustrasi. (Dok: Batamtimes)Ilustrasi. (Dok: Batamtimes)

SERANG, TitikNOL - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Serang, mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di perairan selat sunda Utara dan Selatan Banten.

Peringatan itu dikeluarkan menyusul angin kencang yang melanda sebagian besar wilayah Banten belum lama ini.

"Angin kecangan prediksi tiga hari ke depan akan terjadi dengan kecepatan angin mencapai 10-50 Km/jam, sementara untuk normalnya biasanya hanya 8-20 Km/jam," kata Forcaster BMKG Kelas I Serang Widia Khaerunisa, Senin (29/01/2018).

Widia menjelaskan, pergerakan angin dipengaruhi pergerakan masa udara, dimana tekanan udara di utara lebih tinggi dari tekanan udara di Selatan.

"Tekanan udara tinggi ke tekanan udara rendah pemicu terjadinya potensi angin kencang di sebagian besar wilayah Banten," jelasnya.

Angin kencang ini lanjut Widia, yang mempengaruhi gelombang tinggi di selat sunda bagian Utara Banten mencapai 1,25 - 2,5 Meter. Sedangkan selat sunda bagian Selatan Banten 2,5 - 4 Meter.

"Masyarakat di pesisir pantai harus lebih hati hati dalam beraktivitas mengingat potensi angin kencang dan gelombang tinggi," tukasnya. (Gat/TN1)

TAG bmkg
Komentar