Senin, 22 Juli 2024

Waspada, BMKG Prediksi Gelombang di Selat Sunda Mencapai 4 Meter

Analisa Prakirawan BMKG Serang Widia Khairunnisa. (Foto: TitikNOL)
Analisa Prakirawan BMKG Serang Widia Khairunnisa. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Serang memprediksi gelombang di perairan laut Selat Sunda dapat mencapai ketinggian 2,5 meter sampai 4 meter.

Analisa Prakirawan BMKG Serang Widia Khairunnisa mengatakan, gelombang ini dipicu oleh intensitas hujan meningkat yang disertai dengan angin kencang.

"Satu minggu kedepan di Banten utara masih kategori normal, tapi untuk wilayah Selatan Banten seperti Selat Sunda bagian Selatan, perairan Selatan Banten serta Samudra Hindia Selatan gelombangnya itu di kisaran 2,5 meter sampai 4 meter," katanya saat ditemui di ruangan kerjanya, Selasa, (10/12/2019).

Ia menyebutkan, ketinggian gelombang di Selat Sunda termasuk dalam kategori sedang. Meski begitu, pihaknya meminta masyarakat untuk waspada. Terlebih, perairan Selat Sunda merupakan bagian laut lepas.

"Karena memang berbatasan dengan laut lepas gelombang di Selatan itu pasti diatas 1,25 meter normalnya. Kemudian faktor angin juga mempengaruhi, potensi anginnya kencang. Banyak sih faktornya untuk ketinggian gelombang," ujarnya.

Untuk mengetahui perkembangan cuaca yang jelas, Widia menghimbau masyarakat terutama yang berprofesi sebagai nelayan agar memantau update cuaca melalui situs resmi BMKG.

"Himbauan karena masuk puncak hujan warga tetap waspada terhadap intensitas hujan meningkat dapat menyebabkan banjir. Dan untuk informasi yang akurat tetap pantau perkiraan cuaca di BMKG," tukasnya. (Son/Tn1)

Komentar