Waspada! BMKG Sebut Potensi Gelombang Tinggi Capai 5 Meter

Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Serang Tarjono. (Foto: TitikNOL)Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Serang Tarjono. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Serang, menginformasikan adanya potensi gelombang tinggi hingga lima meter di sejumlah perairan Indonesia pada rabu (12/6/2019) hingga sabtu (15/6/2019).

Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Serang Tarjono menyebutkan, ketinggian gelombang tertinggi akan melanda perairan Lampung.

"Untuk tinggi gelombang bagian Lampung Barat dan Lampung Selatan bisa mencapai 4 hingga 5 meter," katanya saat ditemui di Kantor BMKG Serang, Rabu, (12/06/2019).

Sedangkan, BMKG menyebutkan Selat Sunda bagian Utara atau penyeberangan Bakauheni relatif aman lantaran ketinggian gelombang mulai setengah meter sampai 1 meter.

Disisi lain, pantai bagian Selatan Banten yang akhir-akhir ini ramai diterjang gelombang, menurut Tarjono menyatakan relatif aman dan tidak berpotensi tsunami.

"Pantai Selatan dari Bagedur, Pasir Putih dan Sawarna relatif aman dan para wisatawan pun saya mendapat laporan terus bertambah," terangnya.

Ia mengatakan, gelombang tinggi yang melanda perairan Selatan ini disebabkan oleh faktor arah angin. Meski demikian, dirinya menghimbau nelayan untuk menjaga keselamatan dan untuk masyarakat agar tetap waspada.

"Faktornya arah angin dari ekuator bagian utara dan ekuator bagian Selatan dan menimbulkan gelombang seperti itu. Untuk masyarakat diminta tetap tenang dalam menyikapinya dan waspada," tukasnya. (Gat/Son/TN1)

Komentar