Waspada, Cuaca Ekstrem Landa Banten Satu Bulan ke Depan

Ilustrasi. (Dok: Tribunnews)
Ilustrasi. (Dok: Tribunnews)

SERANG, TitikNOL - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Serang, memprediksi cuaca ekstrem hujan lebat akan terjadi satu bulan ke depan. Hujan lebat pun diprediksi akan meladan sebagian besar wilayah Banten.

"Ini akan terjadi selama satu bulan ke depan, karena memang puncaknya Februari ini," kata Prakirawan Rofikoh, Rabu (31/01/2018).

Rofikoh menjelaskan, cuaca ekstrem terjadi seperti hujan lebat dan angin kencang disebabkan adanya gangguan atmosfer di sebelah barat dan selatan Banten.

"Ini bisa juga karena adanya daerah pusat tekanan rendah aliran masa dari laut Cina selatan yang memicu naiknya kecepatan angin di wilayah Banten," ungkapnya.

Selain itu, angin kencang memicu terjadinya gelombang tinggi di wilayah Selata sunda dengan kecepatan angin mencapai 10-30 km/jam.

"Wilayah terdampak cuaca ekstrem hampir merata di Banten namun yang signifikan terjadi di Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Lebak dan Pandeglang," tegasnya.

BMKG juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada mengantisipasi adanya bencana banjir, angin kencang hingga tanah longsor. (Gat/TN1)

Komentar