Wisata di Lebak Akan Dipasang GeNose untuk Deteksi Covid-19

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya. (Foto: TitikNOL)
Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Kawasan wisata di Kabupaten Lebak akan dipasang GeNose untuk mendeteksi dini Covid-19. Setiap pengunjung diwajibkan tes uap dari mulut untuk dipastikan bebas dari virus corona.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak merencakan akan membeli GeNose sebagai antisipasi penularan virus corona dari wisatawan kepada masyarakat setempat.

Mengingat dalam waktu dekat ini, umat muslim akan menjalani ibadah puasa dan lebaran idul fitri. Alat itu salah satu upaya mengantisipasi membludaknya pengunjung ke tempat wisata baik lokal maupun luar daerah.

"Kami di kawasan wisata akan rencanakan membeli GeNose, deteksi dini pengunjung wisata," katanya saat ditemui di gedung DPRD Provinsi Banten, Senin (29/3/2021).

Ia menyebutkan, wisata di Lebak akan dibuka secara bertahap. Terlebih saat ini, Kementrian Pariwisata sedang melakukan survey ke kawasan wisata agar sesuai dengan penerapan protokol kesehatan yang berbasis pada cleanliness atau kebersihan, health atau kesehatan, safety atau keamanan dan environment sustainability atau kelestarian lingkungan (CHSE).

"Yang kawasan wisata kita bertarap akan membuka kawasa wisata. Sekarang ada survey dari Kementrian terkait dengan wisata yang standar CHSE," terangnya.

Bahkan, sebagian pengelola wisata sudah diberikan vaksin. Hal itu dilakukan untuk menciptakan kekebalan tubuh secara kelompok. Ditambah, pengelola wisata bagian dari pelaku ekonomi.

"Sudah sebagian (divaksin pelaku wisata), pelayanan publik sudah. Kita berharap dua bulan kedepan akan semakin baik, terutama paparan covid," jelasnya. (Son/TN1)

Komentar