Wow, Ratusan Marinir akan Taklukan Selat Sunda dengan Renang dan Dayung

Prajurit Marinir tengah melakukan persiapan di lokasi finish penakluk Selat Sunda di pantai Tanjung Sekong, Merak. (Foto: TitikNOL)Prajurit Marinir tengah melakukan persiapan di lokasi finish penakluk Selat Sunda di pantai Tanjung Sekong, Merak. (Foto: TitikNOL)

MERAK, TitikNOL - Ratusan prajurit Marinir bakal menaklukkan Selat Sunda dengan berenang dan dayung dari Pelabuhan Bandar Bakau Jaya, Lampung dan finish di pantai Tanjung Sekong, Merak, Kota Cilegon.

Pihak Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten pun sudah membuat surat pemberitahuan ke semua kapal yang melintas di Selat Sunda terkait even tersebut.

Pelaksana Harian Kepala Bidang Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli KSOP Kelas I Banten Thomas Chandra mengatakan, surat pemberitahuan pelayaran itu dimaksudkan selain untuk mendukung kegiatan lomba, juga sebagai imbauan kepada kapal-kapal yang beroperasi di lintas Merak-Bakauheni agar lebih wasapada.

"Kita perlu membuat notice to marine agar kapal-kapal yang nantinya akan melintas di jalur itu meningkatkan kewaspadaannya makanya kita beritahu bahwa di situ ada kegiatan‎," jelas Thomas saat ditemui di kantornya, Kamis (22/2/2018).

Surat pemberitahuan itu sambung Thomas, disebarkan baik melalui surat edaran maupun radio telekomunikasi. Surat tersebut juga ditujukan kepada semua perusahaan pelayaran yang ada di lintas Merak-Bakauheni.

"Akan kita sebarkan baik melalui berita yang disiarkan maupun pengguna jasa pelayaran supaya memberitahukan. Kegiatan ini juga kita lakukan baik secara hardcopy maupun elektronik‎," terangnya.

Masih kata Thomas, selain sebagai pemberitahuan, surat tersebut juga berguna untuk keamanan sistem kenavigasian kapal. Tujuannya, agar nahkoda tidak kaget jika di jalur yang mereka lewati ada kegiatan lomba.

"Inti bernavigasi itu adalah memperhatikan sekitarnya karena tujuannya adalah keselamatan pelayaran yang kalaupun tidak ada kegiatan itu inti navigasi tetap memperhatikan itu,‎" jelasnya menambahkan.

KSOP Kelas I Banten sendiri menjamin, kegiatan 'penaklukan' Selat Sunda oleh ratusan prajurit Marinir itu tidak akan menggnggu pelayaran Merak-Bakauheni. Hal itu lantaran meski satu arah namun beda jalur lintasan.

Perlu diketahui, even berenang dan dayung yang diikuti ratusan prajurit Marinir itu digelar pada tanggal 2 Maret mendatang.

Dalam lomba itu ratusan prajurit Marinir akan bertarung untuk menaklukan Selat Sunda. (Ardi/TN1).

Komentar