Ali Mujahidin - Lian Firman Lolos Verfak Tingkat Kelurahan

Bakal calon Walikota Cilegon, Ali Mujahidin. (Foto: TitikNOL)
Bakal calon Walikota Cilegon, Ali Mujahidin. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Rekapitulasi hasil verifikasi faktual (verfak) berkas dukungan bakal calon Wali kota dan Wakil Wali kota Cilegon jalur perseorangan di tingkat kelurahan telah selesai. Pasangan bakal calon Wali kota dan Wakil Wali kota Cilegon Ali Mujahidin-Lian Firman, mengantongi dukungan sah sebanyak 39.532.

Jumlah dukungan sah yang dikantongi Ali Mujahidin - Lian Firman itu telah memenuhi syarat minimal dukungan jalur perseorangan yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon.

"Hasil rekap dari tingkat kelurahan 39.532 yang memenuhi syarat, sekarang sedang di kecamatan. Selisih dengan update data internal kita tidak sampai 1 persen," kata Mumu sapaan akrab Ali Mujahidin kepada awak media, Selasa (14/7/2020).

Setelah rekapitulasi di tingkat kelurahan, proses yang sama akan dilakukan di tingkat kecamatan dan kota. Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Al-Khairiyah itu meyakini hasilnya tidak akan berbeda jauh dengan di tingkat kelurahan.

Mumu juga meyakini dukungan yang berhasil ia kumpulkan akan bertahan hingga hari pemungutan suara nanti.

"Saya percaya masyarakat ingin perubahan, itu tercermin dari hasil verfak. Dari 55 ribu (dukungan memenuhi syarat verifikasi administrasi) itu banyak yang tidak ditemukan, bukan berarti tidak konsisten tapi karena mereka tidak bisa ditemukan saja, mungkin ada yang lagi kerja," jelasnya.

"Intinya saya percaya tim ada relawan, jaringan, ada komunitas, ada LO ada tim di setiap TPS. Saya percayakan pada mereka untuk bagaimana mengamankan, menggalang, memenangkan, saya yakin masyarakat juga pengen menang," tutur Mumu.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Cilegon Irfan Alfi mengatakan, setelah rekapitulasi di tingkat kelurahan, proses rekapitulasi berjenjang akan dilakukan di tingkat kecamatan dan kota.

"Verfak di tingkat kecamatan akan dilakukan tanggal 17 Juli, kemudian ditingkat kota 20 sampai 21," jelas Irfan.

Adapun terkait data yang disebutkan Mumu, hal itu menurut Irfan dimungkinkan, karena secara normatif hasil rekapitulasi di tingkat kelurahan disampaikan ke masing-masing LO pasangan Bakal Calon Wali kota dan Wakil Wali kota.

Namun Irfan berharap, kepada seluruh pasangan untuk menunggu hasil dari seluruh tahapan rekapitulasi berjenjang yang akan dilakukan KPU Kota Cilegon. (Ardi/TN1).

Komentar