Belum Tentukan Koalisi atau Lawan Petahana di Pilkada Serang, Demokrat Cari Aman?

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Demokrat Banten Azwar Anas. (Foto: TitikNOL)
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Demokrat Banten Azwar Anas. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL – Menghadapi konstelasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Serang tahun 2020, Partai Politik (Parpol) mulai sibuk memilih bakal calon yang akan diusung untuk maju menjadi Bupati dan Wakil Bupati Serang.

Namun, partai Demokrat hingga saat ini belum menentukan sikap apakah berkoalisi bersama barisan petahana Tatu Chasanah yang sudah mengantongi syarat persyaratan atau berlawanan dalam Pilkada ini

Sebab, partai bentukan koalisi pada Pemilihan Presiden telah menentukan sikap untuk berseberangan dan melawan petahana. Diantaranya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Berkarya dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) tengah membangun koalisi Perubahan, Adil dan Makmur.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Demokrat Banten Azwar Anas mengatakan, prinsip utama partai Demokrat dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) itu untuk mencapai kemenangan.

Menurutnya, partai akan mengusung kader internal apabila potensi menang dalam perhelatan Pilkada memungkinkan. Sebab, Pemilu serentak di empat daerah di Banten akan berdampak pada Pemilu tahun 2024.

"Kalau hari ini Kader yang utama, tapi partai melihat peluang menang dan tidaknya. Jadi kalau kader yang didorong tapi potensi menangnya rendah ya, targetnya menang. Cakupannya menuju 2024," katanya kepada TitikNOL, Kamis (27/02/2020).

Ia menyebutkan, arah koalisi belum dapat ditentukan saat ini, karena Demokrat masih melakukan tahapan penjaringan calon Bupati dan Wakil Bupati Serang. Terlebih, keputusan Pilkada merupakan wewenang Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

"Kami lihat nanti, karena ini keputusannya ada di DPP. Kami bilang ikut ini tapi nyatanya berbeda dengan keputusan DPP, karena Pilkada ini DPP yang menentukan," terangnya.

Dikatakan Anas, pelaksanan tahapan penjaringan di partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu sudah mengerucut pada tiga nama.

Diantaranya, Ratu Tatu Chasanah, Eki Baehaki dan Wahyu Mega Hita. Ketiga calon ini akan dilakukan interview wawancara oleh panitia Pemilu partai. Nantinya, visi misi yang disampaikan dari masing-masing kandidat adalah penentu rekomendasi dan dukungan partai Demokrat.

"Nanti visi misi menjadi penilaian khusus bagi para calon. Panelisnya dari DPP, ini harus bersinergi. Untuk Serang ada Bu Tatu, Kang Eki dan Bu Wahyu Mega Hita," jelasnya. (Son/TN1)

Komentar