Caleg Nasdem di Dapil Grogol-Merak Duga Ada Penggelembungan Suara

Ilustrasi. (Dok: Betuahpos)Ilustrasi. (Dok: Betuahpos)

CILEGON,TitikNOL - Salah seorang Caleg dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Dapil 3 Grogol - Pulomerak nomor urut 1 Ruaniyah, mencium adanya dugaan kecurangan dalam perolehan suara yang didapatkan Erick Rebiin, yang tak lain adalah caleg Nasdem nomor urut 2 di dapil yang sama.

Menurut Ruaniyah, kecurigaannya itu muncul karena perolehan Erick Rebiin di Kelurahan Lebak Gede, Tamansari dan Mekarsari melejit atau tidak sesuai dengan hasil survei yang timnya lakukan di lapangan.

Dugaan adanya penggelembungan suara tersebut semakin kuat, karena penghitungan suara di tiga kelurahan tersebut lambat dilakukan, sedangkan di kelurahan lainnya di Kecamatan Pulomerak dan Grogol sudah selesai semua proses penghitungan suaranya.

"Saya curiganya itu agak lama gitu penghitungan suara di Kelurahan Lebak Gede, Tamansari dan Mekarsari. Terus setelah dilakukan penghitungan ternyata munculnya Erick lebih besar mendapatkan suara, padahal kita survei di lapangan suara dia itu tidak seperti itu," ungkap Ruaniyah saat dikonfirmasi TitikNOL, Senin (29/4/2019).

Ruaniyah mengaku sudah menelusuri persoalan ini ke KPU Kota Cilegon namun tidak ada jawaban pihak KPU.

"Saya sudah telusuri ke KPU langsung, tapi belum ada jawaban. Sebenarnya kalau masalah kalah saya sudah siap dan sudah biasa dalam permainan ada yang kalah dan ada yang menang, tapi saya pengen adil jangan sampai ada kecurangan. Kasihan yang mendukung saya kalau suara saya dicurangi," tutupnya.

Sementara itu, Ketua PPK Pulomerak Sulihan yang dikonfirmasi, membantah adanya penggelembungan suara untuk caleg tertentu di Dapil 3 Pulomerak-Grogol.

"Kan pleno kita ada saksinya semua dari partai ada dari kepolisian juga. Kalau memang ada kejanggalan, ada kekeliruan di pleno itulah dibetulin. Intinya kita melaksanakan pleno ini untuk membetulkan yang salah. Kalau pun memang ada yang tidak sesuai di lapangan misalnya, saksi yang di TPS pasti usul saat pleno di PPK," jelasnya.

"Kalau memang kejanggalan dan kesimpangsiuran data kita buka plano yang dari TPS yang besar itu. Itu untuk membuktikan benar atau salahnya disitu," sambungnya.

Sulihan juga membantah adanya keterlambatan penghitungan suara di Kelurahan Lebak Gede, Tamansari dan Mekarsari. Menurutnya, penghitungan suara di tiga kelurahan tersebut sudah sesuai dengan prosedur.

"Nggak ada keterlambatan setahu saya, semuanya sudah sesuai. Kalau pun sampai pagi memang karena kelelahan," ungkapnya.

"Sekali lagi saya katakan tidak penggelembungan suara, semua sudah sesuai aturan dan tahapan," tutupnya.

Berikut perolehan suara Ruaniyah dan Erick Rebiin di Kelurahan Lebak Gede, Tamansari dan Mekarsari yang dipersoalkan.

Kelurahan Lebak Gede

1.Ruaniyah : 82 suara

2.Erick Rebiin : 571 suara

Kelurahan Tamansari

1.Ruaniyah : 91 suara

2.Erick Rebiin : 284

Kelurahan Mekarsari

1.Ruaniyah : 143 suara

2.Erick Rebiin : 173 suara

(Ardi/TN1).

Komentar