Calon Perseorangan di Pilkada Lebak Serahkan Berkas ke KPU

Suasana penyerahan berkas jalur perseorangan di KPU Lebak. (Foto: TitikNOL)Suasana penyerahan berkas jalur perseorangan di KPU Lebak. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Lebak 2018 dari jalur perseorangan yakni Cecep Sumarno dan Didin Saprudin, menyerahkan berkas dukungan ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebak Rabu (29/11/2017) malam tadi.

Ditemani tim sukses dan pendukungnya, pasangan ini datang ke kantor KPU Lebak sekitar pukul 23.13 WIB dan diterima oleh Ketua KPU Lebak serta komisioner KPU lainnya dengan membawa dan menyerahkan 71.111 berkas dukungan.

Jumlah dukungan tersebut sudah melebihi batas minimal 70.233 berkas dukungan sebagai syarat untuk mendaftar melalui jalur perseorangan.

Ahmad Saparudin Ketua KPU Lebak dalam sambutannya mengatakan, sesuai dengan Undang Undang Nomor 10 dan PKPU Nomor 15 pasal 28 ayat 4, bahwa waktu pendaftaran penyerahan berkas calon Bupati dan Wakil Bupati dari jalur perseorangan, itu dijadwalkan selama 5 hari.

Sesuai dengan PKPU Nomor 1 yaitu mulai tanggal 25 sampai dengan tanggal 29 November, penerimaan berkas dukungan tanggal 29 November adalah di mulai dari jam 08.00 sampai dengan pukul 24.00 WIB.

"Pada malam hari ini bakal pasangan calon dari jalur perseorangan sudah datang pada jam 23.13, jadi masih ada dalam masa penyerahan berkas," ujar Ahmad Saparudin.

Kata dia, kewajiban bakal pasangan calon yang mau mencalonkan Bupati dan Wakil Bupati Lebak tahun 2018 dari jalur perseorangan, persyaratannya adalah harus menyerahkan dukungan KTP minimal 70.233 KTP.

Lanjut Ahmad, didasarkan kepada Undang Undang Nomor 10 dan PKPU Nomor 3 Pasal 10 ayat 1 yaitu 75 persen dari DPT Pemilu terakhir Kabupaten Lebak, itu adalah Pemilu gubernur yang DPT waktu Pemilu Gubernur itu adalah 936.428 dikali 7,5 persen adalah hasilnya 70.233 dan minimal harus tersebar di 50 persen plus 1 Kecamatan.

"Kecamatan kita ada 28 maka 50 persen plus satu harus tersebar di 15 Kecamatan,"ujarnya.

Sementara, Cecep Sumarno Bakal calon perseorangan dalam sambutannya mengatakan, dirinya mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan oleh ketua KPU beserta anggotanya yang telah menerima dirinya dengan begitu baik.

"Ini merupakan penghargaan dan penghormatan buat kami yang mudah-mudahan kepercayaan yang diberikan kepada kami untuk mengikuti Pilkada di Kabupaten Lebak ini bisa kami gunakan dengan sebaik-baiknya," kata Cecep Sumarno.

"Saya ingin menyampaikan sedikit harapan bahwa saya bisa berdiri di tempat ini Insya Allah niat kami dari awal tidak akan pernah berubah, niat kami tentunya bahwa hidup itu adalah untuk ibadah, mungkin buat orang-orang itu hanya lip service. Tapi buat saya hidup itu adalah ibadah pilihan hidup bukan perjuangan karena yang saya yakini hidup itu adalah ibadah," tambahnya.

Oleh karena itu kata Cecep Sumarno, dimana pun kedudukan bukan berarti soal yang berada di depan.

"ini adalah yang terbaik, hanya Allah yang menempatkan kami berdua disini. Semoga apa yang diharapkan oleh masyarakat Lebak tahapan yang baru diawali ini adalah awal yang baik untuk melangkah kearah yang jauh lebih baik," tukasnya.(Gun/red)

Komentar