Cara Atasi Nyeri Leher Akibat Salah Posisi Tidur

Ilustrasi sakit leher. (Dok:net)
Ilustrasi sakit leher. (Dok:net)

TitikNOL - Salah posisi tidur atau rasa nyeri yang kerap dirasakan di bagian leher biasanya dialami saat bangun tidur. Hal ini disebabkan salah posisi saat tidur. Gejalanya yakni rasa sakit saat menengok ke bagian kiri atau kanan.

Selain salah posisi tidur, salah bantal juga bisa disebabkan melakukan aktivitas dalam waktu yang cukup lama dan akibat salah duduk. Meskipun terdengar sepele, bagi sebagian orang salah bantal terasa sangat mengganggu.

Leher merupakan organ yang menghubungkan kepala dan tubuh. Fungsinya menopang berat kepala. Di sana, terdapat saluran penting diantaranya adalah saluran pernapasan dan pencernaan.

Nyeri leher bisa disebabkan beberapa hal seperti kelainan di jaringan lunak seperti ligamen, otot, saraf dan persendian tulang belakang. Juga bisa diakibatkan kelainan bawaan tulang belakang atau tumor.

Berikut tips mengatasi rasa nyeri akibat salah bantal:

1. Kompres dengan air dingin atau hangat

Tujuannya untuk mengurangi rasa sakit dan menghambat terjadinya pembentukan asam laktat. Masukkan es ke dalam plastik lalu letakkan di area sakit. Sesudah itu, lanjutkan dengan mengompres dengan air hangat untuk mengendurkan otot.

2. Pijat

Pemijatan akan melancarkan aliran darah ke bagian area sakit. Sebisa mungkin dilakukan oleh ahli pijat.

3. Stretching atau peregangan

Langkah ini dapat mengembalikan elastisitas otot leher sehingga akan mengurangi rasa nyeri. Lakukan secara perlahan agar tak menimbulkan cedera.

4. Terapetik

Setelah proses stretching sebaiknya dilanjutkan dengan gerakan kepala.Caranya, gerakan kepala ke atas dan kebawah. Dagu ke atas langit-langit, lalu tundukkan hingga menyentuh dada. Setelah itu lanjutkan dengan menggerakkan ke samping kanan dan kiri lalu putar perlahan-lahan.

 

 

 

 

Sumber: www.suara.com

Komentar