Jelang Pilgub Banten 2017

Cegah Politik Uang, Ini Salah Satu Langkah Bawaslu Banten

Ketua Bawaslu Banten, Pramono U Tantowi. (Dok: TitikNOL)Ketua Bawaslu Banten, Pramono U Tantowi. (Dok: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL – Usai meminta Polda Banten dan Kejaksaan untuk mengawasi dan mengantisipasi terjadinya politik uang di Pilgub Banten 2017, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banten memiliki strategi khusus lainnya. Di mana, mereka akan mengawasi aktor-aktor pembeli suara yang sudah terdata.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Banten Pramono U Tantowi. Kata dia, Bawaslu sudah mengantongi data aktor-aktor yang melakukan politik uang saat Pilkada di Banten. Maka dari itu, akan dilakukan pengawasan ekstra ketat.

"Kita sudah ada data orangnya. Tapi, tidak bisa kami umumkan. Yang penting, akan kami awasi dengan seksama agar Pilgub Banten 2017, bersih dari politik uang," kata Pramono, ditemui di Pendopo Gubernur Banten, Jumat (3/2/2017).

Bawaslu pun sudah melakukan Bimbinan Teknis (Bimtek) kepada 16 ribu pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk mengawasi aktor-aktor tersebut.

"Sudah kita lakukan Bimtek seluruh pengawas TPS untuk mencermati aktor-aktor yang suka bagi uang di tingkat kampung. Kita fokus ke sana, karena mengawasi masyarakatnya susah, jadi kita langsung ke aktor tersebut," jelasnya. (Meghat/Rif)

Komentar