Diam-diam PAN Kunjungi PKS, Bahas Koalisikah?

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Banten Masrori saat kunjungi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Serang, Mansur Barmawi. (Foto: TitikNOL)Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Banten Masrori saat kunjungi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Serang, Mansur Barmawi. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Diam-diam, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Banten Masrori, mengunjungi ruang kerja Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Serang, Mansur Barmawi.

Keduanya nampak akrab dan kompak dengan menggunakan pakaian tradisi batik. Bahkan, Masrori pun mengakui bahwa momen tersebut terjadi karena telah diagendakan oleh keduanya.

"Ketemu pak Mansur kan itu sahabat lama, tidak melulu konsolidasi ya, bahas hal-hal yang umum saja," katanya saat dihubungi TitikNOL, Rabu, (9/10/2019).

Politikus PAN ini juga mengakui, jika pertemuannya tersebut bagian dari komunikasi politik untuk membangun koalisi dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada tahun 2020 mendatang.

Menurutnya, PKS telah memiliki keputusan bulat untuk merekomendasikan kader internalnya untuk diusung, maka tidak ada jalan lain selain melakukan pertemuan untuk berkonsolidasi politik dalam membangun sebuah koalisi PAN dengan PKS.

"Kalau dari obrolan harapan (berkoalisi) ada, komunikasi untuk membangun koalisi dilakukan, cuma memang harus menghargai PKS sudah melakukan pemilihan pemilu internal mereka. Jadi tidak ada penjaringan, maka yang dilakukan adalah komunikasi politik silaturahim dengan PKS," ujarnya.

Ia juga menuturkan, bahwa hingga saat ini PAN masih ngotot untuk mengusung kader terbaiknya. Namun, rekomendasi itu akan diputuskan setelah PAN menggelar acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) pada pertengahan bulan Oktober 2019.

"Rakerda nanti tanggal 18 atau 20 oktober lah. Kita lihat saja nanti, jangan ngeduluin. Emang Rakerda ini diadakan khusus untuk Pilkada termasuk siapa yang di rekomendasikan, di forum Rakerda itu nanti di bahas," tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPD PKS Kabupaten Serang Mansur menyadari, pihaknya perlu menggandeng kekuatan dari partai lain untuk mencalonkan jagoannya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sebab, persyaratan utamanya dari kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kurang lima kursi lagi.

Maka saat ini, ia mengaku sedang melakukan konsolidasi politik untuk pencocokan gagasan antara partai untuk membangun Kabupaten Serang lebih sejahtera.

"Kami sudah komunikasi termasuk dengan PAN. (Keputusan berkoalisi) Saya kira itu fleksibel gimana perkembangan ke depan. Tergantung komunikasi kedepan," katanya singkat. (Son/TN1)

Komentar