Sabtu, 13 Juli 2024

Ditinggalkan Desmond Mahesa, Gerindra Disebut Bakal Kesulitan Mengulang Kemenangan di Pemilu 2024

Pengamat politik Miftahul Adib. (Foto: Ist)
Pengamat politik Miftahul Adib. (Foto: Ist)

SERANG, TitikNOL - Gerindra dinilai bakal kesulitan dalam mengulang kemenangan di Pemilu 2024.

Hal itu disebabkan Gerindra kehilangan tokoh nasional Desmond Mahesa akibat tutup usia.

Mengingat, kemenangan Gerindra di Banten pada Pemilu 2014 dan 2019 tidak lepas dari nama besar Desmond Mahesa yang menjadi macan DPR RI.

Pengamat politik Miftahul Adib mengatakan, Andra Soni yang saat ini ditunjuk menjadi Ketua Gerindra Banten memiliki PR berat untuk mengulang kesuksesan.

"Ini harus jadi catatan Andra Soni bahwa Gerindra tidak serta merta mengulang kemenangan itu,” katanya, Senin (10/7/2023).

Menurut Adib, Anda Soni harus memiliki inovasi baru dalam kerja politiknya. Apalagi, Gerindra tidak dapat mengandalkan ketokohan Prabowo untuk mendulang suara.

Suara Gerindra akan tergerus di Banten, dengan adanya persaingan politik dari Anies Baswedan, yang dicitrakan sebagai oposisi pemerintah seperti Prabowo pada Pemilu sebelumnya.

“Kenapa Gerindra bisa menang di Banten? Desmond seorang aktivis yang levelnya tokoh nasional, di DPR RI pun termasuk macan. Suka atau tidak suka, PR berat Andra Soni ada di sini,” ucapnya.

Sehingga kekuatan politik Prabowo tidak sekuat yang dulu. Ditambah isu politik identitas di Banten masih terbilang kuat.

“Polarisasi dan politik identitas di Banten inikan kuat, simbol Prabowo 2014, 2019 tidak sekuat dengan sekarang. Makanya Gerindra di bawah kepemimpinan Andra Soni akan berat mengulang kesuksesan itu,” jelasnya.

Ia menilai, ketokohan Andra Soni sangat jauh dengan pengalaman politik Desmond Mahesa. Meskipun menjabat Ketua DPRD Banten, selama ini belum ada kebijakan yang istimewa dalam program kebijakan di mata masyarakat.

“Kalau dilihat Andra Soni memang Ketua DPRD, tapi ketokohan masih kalah jauh dengan Desmond. Inilah yang harus membuat Andra Soni melakukan terobosan program baru, inovasi baru terkait kemenangan Gerindra,” ujarnya. (Son/TN3)

Komentar