Jelang Pilgub Banten 2017

Gerindra dan NasDem Dikabarkan Merapat ke PDI Perjuangan

Ilustrasi koalisi partai. (Dok: beritasatu)Ilustrasi koalisi partai. (Dok: beritasatu)

 

SERANG,  TitikNOL - Partai Gerindra dan Nasional Demokrat (NasDem) dikabarkan siap merapat ke PDIP. Jelas ini membuat langkah PDIP mengusung calon gubernur dan wakil gubernur di Pilgub Banten 2017 semakin mantap. 

Dikatakan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD)  PDIP Banten Sukira, jika Gerindra dan NasDem sudah siap berkoalisi dan melengkapi jumlah kursi PDIP.

"Insya Allah Gerindra dan Nasdem siap berkoalisi dengan PDIP," kata Sukira, saat dihubungi via telepon, Senin (15/8/2016).

Sukira pun menyebutkan, jika langkah PDIP berkoalisi adalah hal yang wajib untuk memenuhi syarat jumlah kursi.

"Untuk mengusung cagub dan cawagub, kita harus wajib berkoalisi dengan partai politik. Kita lihat ke depannya," ungkapnya.

Saat ditanya PPP dan PAN yang sudah berkomunikasi dengan PDIP,  Sukira mengatakan jika keduanya pun siap berkoalisi dengan PDIP. "Insya Allah (berkoalisi), amin," singkatnya.

Merapatnya dua partai ini secara otomatis menambah kekuatan untuk PDIP yang kini menguasai 15 kursi di DPRD Banten. Gerindra sendiri memiliki 10 kursi, sementara NasDem lima kursi. 

Tentunya ini sudah lebih dari cukup untuk memenuhi syarat keikutsertaan partai pada pilgub. Dimana syarat partai politik harus memiliki 17 kursi, sesuai aturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten. (Meghat/quy)

Komentar