Hitung Manual dan Real Count Berbeda, Rano-Embay Tetap Unggul di Kota Serang

Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pilgub Banten 2017 tingkat KPU Kota Serang. (Foto: TitikNOL)Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pilgub Banten 2017 tingkat KPU Kota Serang. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL – Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kota Serang telah memplenokan hasil rekapitulasi di enam kecamatan di Kota Serang. Hasilnya, pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten nomor urut 2 Rano Karno – Embay Mulya Syarif masih unggul dengan perolehan 153.638 suara, disusul nomor urut 1 Wahidin Halim - Andika Hazrumy dengan perolehan 123.803 suara.

Komisioner KPU Kota Serang Firly mengatakan, proses rekapitulasi perolehan suara sudah selesai dengan penandatanganan berita acara yang nantinya langsung diserahkan ke KPU Banten.

"Untuk rekapitalasi di Kota Serang sudah diplenokan untuk hasilnya. Pasangan nomor urut dua unggul dari nomor urut satu dengan selisih 10 persen," kata Firly ditemui di Hotel D'griya, Kota Serang, Kamis (23/2/2017).

Namun Firly menyebut, jika hasil rekapitulasi perolehan suara manual yang sudah diplenokan dan diserahkan ke KPU Banten terdapat perbedaan dengan hasil real count yang ada di website resmi KPU.

Dalam real count di website KPU, perolehan suara Cagub Cawagub nomor urut 1 yakni 123.203 suara dan Cagub Cawagub nomor urut 2 yakni 153.493 suara.

"Memang hasil Itu kan hasil real count sistem informasi penghitungan, memang kita melakukan entri C1-KWK mungkin saja terjadi kekeliruan input, porses perbaikannya dilakukan di rapat pleno ini," ungkapnya.

"Memang dari enam kecamatan tiga di antaranya di koreksi, karena dia berbeda dari hasil real count yakni Curug, Kasemen dan Taktakan. Yang dikoreksi mal adminitrasi ada yang tidak mencatat sumber pemilih tapi sudah diperbaiki," sambungnya.

Sementara itu, berdasarkan data dari pleno KPU Kota Serang, jumlah pemilih Data Suara sah 277.441, yang tidak sah 13.045 suara dari pemilih 461.660. (Gat/red)

Komentar