Indo Barometer: Pemenang Pilkada Banten Belum Diketahui

Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten periode 2017-2022. (Dok: net)Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten periode 2017-2022. (Dok: net)

SERANG, TitikNOL - Indo Barometer merilis hasil quick count (penghitungan cepat) Pilkada Banten 2017. Kesimpulannya, pemenang di Pilkada Banten belum bisa diketahui.

Hal ini lantaran pasangan calon Wahidin Halim – Andika Hazrumy dan pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarief bersaing kuat dalam kisaran margin of error 1%.

Selisih suara antara pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy dengan pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarif hanya 0.53%, sehingga belum bisa disimpulkan siapa pemenang Pilkada Provinsi Banten.

Hasil quick count Indo Barometer pada pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Provinsi Banten 15 Februari 2017 menemukan, pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy memperoleh suara sebesar 50.53% dan pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarif memperoleh suara sebesar 49.47% dengan total suara masuk sebesar 100%, suara tidak sah sebesar 2.76% dan tingkat partisipasi suara (Vote Turn Out) sebesar 62.5%.

Dengan selisih yang berada dalam kisaran margin of error 1%, masih sangat memungkinkan hasilnya akan berbeda dengan hasil real count KPU Provinsi Banten.

Untuk menentukan siapa pemenang Pilkada Banten, Indo Barometer menyarankan agar warga Banten harus menunggu keputusan resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten.

Quick count Indo Barometer sendiri dilaksanakan di 300 TPS sebagai sampel, dari 16.540 TPS yang tersebar di 8 kabupaten/kota di provinsi Banten. Total pemilih yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 7.955.282 orang.

Dengan jumlah sampel sebanyak 300 TPS, dihasilkan tingkat kesalahan (margin of error) sebesar ± 1% pada tingkat kepercayaan (confidence level) sebesar 99%. Metode penarikan sample yaitu multistage random sampling. (red)

Komentar