JB dan Andika Hazrumy Digadang-Gadang Sosok Tepat Jadi Gubernur Banten

Kolase Mulyadi Jayabaya dan Andika Hazrumy. (Foto: TitikNOL)
Kolase Mulyadi Jayabaya dan Andika Hazrumy. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Nama-nama tokoh terkemuka mulai muncul digadang-gadang layak untuk mencalonkan pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten pada Pilkada mendatang.

Salah satu nama tokoh yang disebut memiliki pelung besar untuk menduduki Banten Satu menggantikan Wahidin Halim adalah Mulyadi Jayabaya. Diketahui, bahwa mantan Bupati Lebak dua periode itu, saat ini menjabat sebagai ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Banten.

“Pak Jayabaya memiliki peluang yang sangat besar untuk menduduki posisi Gubernur Banten mendatang. Apalagi, jika sampai pak Wahidin Halim dan Pak Andika pecah kongsi dalam Pilgub mendatang,” kata pengamat kebijakan publik dan penggiat anti korupsi Banten Uday Suhada, Senin (9/11/2020).

Menurut Uday, selain berpengalaman di dalam birokrasi dengan berhasil membawa Kabupaten Lebak keluar sebagai predikat daerah tertinggal, pria yang akrab disapa JB itu dikenal memiliki jaringan yang cukup luas, baik di tingkat lokal maupun nasional.

”Secara popularitas tidak ada yang tidak kenal nama JB di Banten. Selain merupakan salah satu tokoh pembentukan Provinsi Banten, beliau juga adalah seorang pengusaha nasional,” cetusnya.

Uday menuturkan, Banten sangat butuh pemimpin yang tegas, berani serta memiliki jiwa entrepereneur seperti JB, agar Banten dapat sejajar dengan provinsi lain yang lebih dahulu maju.

”Sekarang selama tiga tahun kepemimpinan Wahidin - Andika apa yang sudah diperbuat untuk Banten?. Reformasi birokrasi dan RPJMD masih jauh panggang dari api. Demikian juga visi misi mereka seperti dalam bidang pendidkan, kesehatan dan infrastruktur, apakah sudah berjalan sesuai rencana?,” paparnya.

Terpisah, politisi PDIP Kabupaten Lebak Enden Mahyudin, mengaku sangat mengidolakan sosok JB yang terkenal tegas dan berani dalam mengambil keputusan untuk kemajuan daerah. Sehingga sangat cocok jika dicalonkan sebagai Gubernur Banten.

Anggota DPRD Kabupaten Lebak itu berujar, JB adalah sosok patron pemersatu. Hal ini dinilai dari kapasitasnya sebagai tokoh masyarakat maupun sebagai tokoh pembangunan. Kepeminpinannya terlihat saat menjadi Bupati Lebak selama dua priode.

JB dinilai mampu merubah Lebak secara bertahap. Menjadikan Lebak sebagai salah satu daerah tujuan investasi di Banten dan mengalami kemajuan yang pesat di bidang pembangunannya. Ayah kandung Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya sangat pantas maju di Pilgub Banten mendatang.

“Kalau bicara soal partai, tentu kami tidak akan berspekulasi. Namun yang jelas, kami pun akan mengusung putra terbaik di Banten, serta sosok yang benar-benar mampu membawa perubahan. Khususnya di bidang peningkatan pembangunan dan ekonomi kerakyatan,” ujarnya.

Selain nama Mulyadi Jayabya, nama Andika Hazrumy wakil yang kini menjabat sebagai Wakil Gubernur Banten juga disebut sangat berpeluang menjadi calon Gubernur Banten mendatang. Apalagi, partai Golkar jauh-jauh hari sudah menyatakan akan mengusung Andika untuk menjadi calon Gubernur Banten mendatang. Ditambah, Banten selama ini adalah lumbung suara partai Golkar.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Golkar Jawa 1 MQ Iswara mengaku, Ketua Umum partai Golkar Airlanga Hartarto menitipkan pesan untuk mendorong kader terbaik partai Golkar asal Banten (Andika Hazrumy) agar menjadi Gubernur Banten mendatang.

“Kita dari DPP sudah membicarakan itu," paparnya. (Son/TN1)

Komentar