Jelang Pilkada, Anggaran Belanja Hibah APBD Pemkot Cilegon Naik Drastis

Walikota Cilegon, Edi Ariadi saat memberikan keterangan kepada wartawan. (Foto: TitikNOL)Walikota Cilegon, Edi Ariadi saat memberikan keterangan kepada wartawan. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Anggaran belanja hibah pada APBD Kota Cilegon tahun 2020 ditarget mencapai Rp90 miliar. Jumlah itu naik hampir dua kali lipat dibandingkan belanja hibah APBD 2019 yang hanya Rp48 miliar.

Kenaikan belanja hibah hampir sekitar Rp42 miliar tersebut, menjadi sorotan Fraksi Persatuan Demokrat DPRD Kota Cilegon.

"Kenaikan ini harus rasional, lojik atau tidak. Apalagi kenaikan ini sangat drastis, dasarnya apa ada kenaikan itu. Sekarang kan masyarakat sudah pada cerdas, sudah banyak yang tahu," kata Sihabudin Syibli, Ketua Fraksi Persatuan Demokrat DPRD Kota Cilegon, Senin (28/10/2019).

Sihabudin mengakui, bahwa setiap tahun anggaran belanja hibah ada kenaikan, namun kenaikannya tidak terlalu signifikan.

"Jadi setiap tahun memang ada kenaikan cuma nggak signifikan seperti yang sekarang," tegas dia.

Lebih lanjut Sihabudin mengungkapkan, dewan sebagai salah satu lembaga fungsi kontrol juga, selama ini tidak pernah tahu secara detail siapa saja penerima dari dana hibah tersebut.

"Selama ini kita tidak pernah tahu. Artinya dianggarkan iya, tapi siapa penerimannya kita tidak pernah tahu," tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Edi Ariadi mengatakan, kenaikan anggaran belanja hibah tersebut karena adanya kebutuhan untuk Pilkada 2020 mendatang.

"Anggaran untuk KPU dan Bawaslu kalau nggak salah mencapai Rp40 miliaran. Nah kalau yang lain-lainnya saya nggak tahu, tanya aja ke yang bersangkutan," kata Edi. (Ardi/TN1).

Komentar