Jika Tawaran Koalisi Ditolak PDIP, Gerindra Siap Bentuk Poros Tengah

Ketua DPD Gerindra Banten, Budi Heryadi. (Dok: bantenpos)Ketua DPD Gerindra Banten, Budi Heryadi. (Dok: bantenpos)

SERANG, TitikNOL - DPD Gerindra Banten berencana membangun koalisi poros tengah dengan partai politik yang belum menentukan sikap politik dan koalisi. Langkah itu akan dilakukan jika DPD PDIP Banten dan kandidat cagub petahana Rano Karno menolak tawaran koalisi partai berlambang burung garuda tersebut.

"Sejauh ini belum ada respon dari Rano Karno maupun PDIP," kata Ketua DPD Gerindra Banten, Budi Heryadi, Kamis (25/8/2016).

Ia mengatakan, Rano Karno sampai saat ini pun belum diketahui apakah menggandeng politisi atau birokrat untuk berpasangan di Pilgub. Pihaknya masih menunggu jawaban dari PDIP maupun Rano perihal tawaran koalisi tersebut.

"DPD sedang bernegosiasi dengan berbagai pihak terkait kaolisi. Ibaratnya kan ini mau kawin. Kalau pasangannya enggak mau, ya bagaimana," ungkapnya.

Budi menyebutkan sejumlah partai yang akan diundang bergabung untuk membentuk poros tengah.

"Ada lima partai yang belum memutuskan, yakni Gerindra, PPP, PKB, Nasdem, dan PAN. PAN saya anggap belum memutuskan lah, kan belum deklarasi. Itu masih bisa berubah. Kalau koalisi dengan PDIP tidak terjalin, kami bentuk poros tengah," tukasnya.

Menurutnya, masih banyak tokoh yang ingin maju di Pilgub Banten, seperti Abah Tubagus Sangadiah, Mardiono, dan lainnya.

"Ini dalam rangka membentuk poros tengah. Banyak tokoh yang saya kira dapat diperhitungkan masyarakat," imbuhnya. (Kuk/quy)

Komentar