KPU Kota Serang Pilih Hewan Ini Sebagai Maskot di Pilwakot Serang 2018

KPU Kota Serang saat melaunching maskot dan jingle KPU Kota Serang di salah satu Rumah Makan di Kota Serang. (Foto: TitikNOL)KPU Kota Serang saat melaunching maskot dan jingle KPU Kota Serang di salah satu Rumah Makan di Kota Serang. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang, resmi memilih hewan itik yang diberi nama Kang Damlih (Damiaking Memilih), untuk menjadi ikon maskot pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang 2018 mendatang.

Pemilihan hewan Itik sebagai maskot KPU Kota Serang, setelah melalui proses sayembara yang dilakukan oleh KPU. Hasilnya, maskot Itik karya Novan Nurdiyanto warga Jawa Timur keluar sebagai pemenang.

Dikatakan Juri sayembara maskot, Mufti Ali, Damiaking adalah panggilan hewan ternak sejenis hewan itik (bebek rawa) di Kota Serang. Hewan ini dipilih menjadi maskot karena terlihat ramah dan damai.

"Damiaking ini kan bebek yang memberikan manfaat sebagai hewan ternak, sebagai sumber nabati masyarakat kita dan hewan yang akrab di daerah kita," kata Mufti Ali saat launching maskot dan jingle KPU Kota Serang di salah satu Rumah Makan di Kota Serang, Senin (18/9/2017).

Ali juga mengaku, Novan Nurdiyanto pembuat Kang Damlih (Maskot KPU) mengenakan pakaian adat Jawa. Namun dengan berbagai pertimbangan, juri meminta untuk merubah pakaiannya dengan memakai pakaian Tangsi (pakaian jawara) yang lebih dikenal di Banten.

"Tadinya pake khas jawa, di Banten pakaian ini gak dikenal, kami sarankan pakai Tangsi (Pakaian Jawara) kita sudah sampaikan itu kepada pemenang," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Serang Heri Wahidin menambahkan, peluncuran Maskot tersebut untuk menarik ketertarikan para pemilih, karena pilkada ini membutuhkan identitas.

"Kita ingin informasi terkait pemilihan wali kota dapat terinformasikan sedini mungkin," singkatnya. (Gat/red)

Komentar