Sabtu, 20 Juli 2024

Kumpulkan Relawan, JRDP akan Pantau Pemilu 2024 Bebas Hoaks dan Politik Identitas

SERANG, TitikNOL - Jaringan Rakyat untuk Demokrasi dan Pemilu (JRDP), menggelar deklarasi internal dengan melibatkan sejumlah relawan pemantau Pemilu 2024, di salah satu rumah makan di Kota Serang, Rabu (2/8/2023).

Dalam deklarasi itu, hadir puluhan relawan yang nantinya akan bekerja secara maksimal untuk memastikan agar Pemilu 2024 berjalan kondusif dan bermartabat.

Irwan Hermawan selaku Badan Pekerja JRDP mengatakan, deklarasi tersebut berfokus kepada mensosialisasikan setop ujaran kebencian, larangan politik identitas dan hindari hoaks di Pemilu 2024 mendatang.

"Kita tidak mau Pemilu 2024 sama dengan Pemilu 2019. Publik terpecah dua akibat tingginya hoaks, adanya politik identitas dan ujaran kebencian. Kita mau pemilu 2024 terselenggara dengan sangat baik," ujar Irwan kepada media.

Setelah deklarasi dilakukan kata Irwan, para relawan nantinya akan ditugaskan untuk memantau setiap tahapan pada pelaksanaan Pemilu, terutama proses kampanye.

"Para relawan nanti akan bekerja untuk memantau, terutama di tahapan kampanye. Kita pantau supaya alat peraga yang digunakan tidak mengarah ke politik identitas," tambah Irwan.

Jika menemukan adanya pelanggaran di pelaksanaan Pemilu 2024, para relawan nantinya akan melaporkannya ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku. (***)

Komentar