Kunjungi Suku Baduy, AHY Dikenalkan Adat Istiadat Baduy

AHY saba warga Baduy disambut hangat oleh anak-anak suku Baduy luar dan Baduy dalam. (Foto: TitikNOL)AHY saba warga Baduy disambut hangat oleh anak-anak suku Baduy luar dan Baduy dalam. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) untuk Pemilukada 2018 dan Pemilu 2019 dari Partai Demokrat, melakukan Saba (mengunjungi) warga suku Baduy, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Selasa (24/4/2018).

AHY dan rombongan bertemu dengan warga suku Baduy dalam dan suku Baduy luar. Kedatangan AHY dan rombongan disambut Jaro Saija (bagian pemerintahan) dan Jaro Saidi (bagian adat).

"Saya bersama rombongan mengucapkan terimakasih atas sambutan warga suku Baduy yang terkenal dengan keramahtamahannya," ucap AHY mengawali sambutannya.

Selain itu, AHY juga berharap agar warga suku Baduy tetap menjaga kelestarian alam dan tetap memegang prinsip menjunjung adat istiadat.

"Kami dari partai Demokrat mengharapkan agar warga dapat menjalankan kehidupan yang lebih rukun, aman dan sejahtera," ujar AHY.

Dilain pihak, Kepala Desa Kanekes Jaro Saija pada kesempatan tersebut kepada rombongan memperkenalkan adat istiadat suku Baduy.

"Pada umumnya masyarakat Baduy dalam kesehariannya bercocok tanam dan kerajinan tenun," kata Saija.

Sementara itu, kegiatan saba warga suku Baduy dilanjutkan dengan penyerahan rasa kadeudeuh (kasih sayang) dari AHY dengan memberikan bingkisan kepada Jaro dalam, Saidi dan Jaro luar, Saija.

AHY dan rombongan pun sempat melihat secara langsung sejumlah warga suku Baduy yang sedang menenun. Tepat pukul 12.00 WIB, rombongan meninggalkan Kampung Kadu Ketug, Desa Kanekes. (Gun/TN1)

Komentar