Meski Gerindra Tak Target, Ekor Jas Prabowo Bawa Pengaruh di Tangsel

Ilustrasi. (Dok: Tempo)Ilustrasi. (Dok: Tempo)

TANGSEL, TitikNOL - Coattail effect atau efek ekor jas Prabowo Subianto memang tak bisa terpisah dari masyarakat Tangerang Selatan (Tangsel). Itu terlihat dari hasil real count sementara di Tangsel meski kalah dengan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Pantauan TitikNOL, hasil real count data KPU 86,46 persen, pukul 12:35 Wib, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin memperoleh 359.403, sedangkan pasangan Prabowo-Sandiaga Uno memperoleh 337.056 suara. Suara itu diperoleh baru di 3.302 dari total 3819 TPS di Tangsel.

Efek ekor jas Prabowo itu terbukti menambah satu kursi legislatif DPRD Tangsel dengan meloloskan 8 kandidat. Meski tahun sebelumnya Gerindra Tangsel hanya menempatkan 7 kandidat pada 2014-2019.

Pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Zaki Mubarak menilai coattail effect atau effect ekor jas mengusung Prabowo sebagai capres menguntungkan Partai Gerindra di Tangsel.

Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, itu pun menilai bahwa mesin politik Partai Gerindra Tangsel dinila juga lebih aktif, karena termotivasi memenangkan Prabowo dalam kontestasi pilpres.

"Ya berarti gerindra mendapat keuntungan dari coattail effect atau effect ekor jas mengusung Prabowo sebagai capres. Saya kira caleg-calegnya memang lebih aktif turun ke grassroots atau akar rumput, dan nama-nama kandidat Gerindra juga lebih popular," jelas Zaki Mubarak, Kamis (9/5/2019).

Meski begitu, dari sisi Gerindra menambah satu kursi di DPRD Tangsel, kata Zaki, bertambahnya kursi Gerindra juga berdampak berkurangnya kursi Golkar di legislatif Tangsel.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua DPC Gerindra Tangsel, Li Claudia Chandra, mengaku penambahan kursi di DPRD Tangsel dan lolosnya dua kandidat di DPRD Provinsi tidak sesuai target Partai Gerindra Tangsel.

Hal itu diakui konsentrasi Gerindra Tangsel terbagi dua antara memenangkan partai dan memenangkan Prabowo Subianto.

"Hasil ini walaupun meleset dari target awal kami yaitu 14 kursi, tapi kami bersyukur dengan kenaikan 1 kursi di DPRD Tangsel. Untuk DPRD Provinsi pun sama sedikit meleset dari target 3 kursi, hanya lolos dua kandidat," terang Li Claudia.

Informasi yang berhasil diperoleh TitikNOL berikut nama kandidat Partai Gerindra Tangsel yang lolos di DPRD Tangsel;
1. Mulyanah Anwar.
2. Farham Mawali.
3. Zulfa Sungkar.
4. Abdul Rahman.
5. Ahmad Syauqi.
6. TB Ada.
7. Li Claudia Chandra.
8. Edi Mamat.
Dua kandidat lolos di DPRD Provinsi, yakni Yudi Budi Wibowo dan Zaid El Habib. (Don/TN1).

Komentar