Partisipasi Pemilih di Pilkada Kabupaten Serang Tidak Capai Target

Suasana rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat Kabupaten Serang pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Serang tahun 2020. (Foto: TitikNOL)
Suasana rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat Kabupaten Serang pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Serang tahun 2020. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL – Partisipasi pemilih pada kontestasi Pilkada di Kabupaten Serang tahun 2020, tidak mencapai target 75 persen yang ditetapkan Komisi Peilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang.

Pada tahun ini, partisipasi pemilih di Kabupaten Serang hanya mencapai 64 persen atu kurang dari 11 persen darti target KPU. Meski demikian, partisipasi pemilih mengalami peningkatan 14 persen, jika dibandingkan dengan pemilihan Bupati 2015 lalu, hanya mencapai 50,8 persen.

“Tingkat partisipasi alhamdulillah, meski tidak mencapai target ya, target saya 75 persen. Tingkat partisipasi 64 persen. Ini menunjukan kalau dibandingkan dengan 2015 yang lalu, justru ini kenaikan yang signifikan. Kita tahu bahwa pada tahun 2015, kita hanya mencapai 50,8 persen, sekarang kita 64 persen,” kata Ketua KPU Kabupaten Serang Abidin Nasyar, Rabu (16/12/2020).

Dengan melihat data itu, Abidin menyebutkan partisipasi pemilih mengalami kenaikan yang signifikan. Masyarakat sangat berperan aktif dan antusiasme dalam menggunakan hak pilihnya untuk menentukan nahkoda Kabupaten Serang lima tahun kedepan. Terlebih, kondisi Pilkada Kabupaten Serang pada tahun ini masih dilanda pandemi Covid-19 dan diterjang banjir dibeberapa kecamatan.

“Jadi ada kenaikan signifikan, meski kita saat ini pemilihan Bupati adalah di tengah bencana non alam Covid-19 dan tengah bencana alam banjir dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kalau pun tidak tidak mencapai target menurut saya, antusiasme masyarakat sangat luar biasa. Contoh di Kibin banjir, mereka (pemilih) melewati banjir untuk memilih. Berarti mereka ada antusias masyarakat yang luar biasa,” terangnya.

Untuk itu, pihaknya sebagai pimpinan penyelenggara pesta demikrasi mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat yang telah menggunakan hak pilihnya, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Alhamdullah saya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Serang yang telah menggunakan hak pilihnya dan berperan aktif dalam pemilihan Bupati tahun 2020,” ujarnya. (Son/TN1)

Komentar