Polda Banten Akan Lakukan Operasi Tangkap Tangan Pelaku Money Politik di Pilkada

Ilustrasi. (Dok: Waspada)
Ilustrasi. (Dok: Waspada)

SERANG, TitikNOL - Kepolisian Daerah (Polda) Banten siapkan satuan petugas (Satgas) Money Politik dan Satgas Cyber Crime untuk menghadapi pilkada serentak empat daerah di Banten.

Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, satgas ini dibentuk untuk membantu dalam penanganan pelanggaran kampanye."Untuk membantu dan mebackup adanya kecurangan kecurangan apakah itu dilakukan tim paslon atau pun paslon itu sendiri," kata Kapolda, Senin (22/01/2018).

Satgas Money Politik, lanjut Kapolda ini agar bisa menekan kecurangan-kecurangan memberikan uang kepada masyarakat oleh para oknum dalam memuluskan kemenangan di pilkada.

"Belajar dari pilkada sebelumnya, nanti ini (satgas Money Politik) melakukan pengembangan upaya upaya dari kepolisian. Ini nanti bergerak melakukan kegiatan dalam bentuk Operasi Tangkap Tangan (OTT)," lanjutnya.

Nantinya, kepolisian pun akan berkordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk dalam penindakannya."Tentu ini nanti berkordinasi dengan Bawaslu untuk penindakannya," katanya.

Sementara itu, untuk Satgas Cyber Crime untuk menekan adanya oknum-oknum tertentu atau akun akun palsu di media sosial yang mengandung sara hingga ujaran kebencian. "Isu sara, masalah-masalah yang menggunakan UU ITE maka kita satgas cyber crime akan menindaknya," jelas Kapolda.

Tentunya, kata Kapolda satgas ini akan melakukan patroli media."Mulai dari kita melaksanakan cyber patron dan melakukan upaya upaya apakah ini betul betul atau tidak akun asli atau palsu," tegasnya. (GatTN2)

Komentar