Jelang Pilgub Banten 2017

Rano-Embay dan WH-Andika Sama-Sama Andalkan Blusukan

Ilustrasi Pilgub Banten 2017. (Dok: fajaronline)
Ilustrasi Pilgub Banten 2017. (Dok: fajaronline)

SERANG, TitikNOL - Adu strategi kampanye akan mewarnai gegap gempita gelaran Pilgub Banten 2017 yang dimulai pada 28 Oktober. Salah satu metode yang akan digunakan kedua pasangan calon Rano Karno-Embay Mulya Syarief dan Wahidin Halim-Andika Hazrumy yaitu blusukan.

Bertatap muka dengan masyarakat, kemudian mendengarkan aspirasi, kedua pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur berebut suara.

Ketua Tim Pemenangan Rano-Embay, Ahmad Basarah mengatakan, semua jenis metode kampanye akan ditempuh demi meraup suara untuk memenangkan pasangan dengan jargon nasionalis-religius tersebut. Ia mengatakan, Rano-Embay siap blusukan untuk mengetahui persis kondisi masyarakat dari berbagai aspek.

"Semua jenis kampanye akan kami lakukan. Akan tetapi, yang terpenting adalah kampanye harus punya muatan pendidikan politik
untuk masyarakat," tukasnya, ditemui seusai rapat terbuka pengumuman penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pilkada Banten tahun 2017, di Gedung KPU Banten, Cipocok Jaya, Kota Serang, Senin (24/10/2016).

Menurutnya, pilkada bukan sekadara sarana sarana untuk memilih gubernur atau wakil gubernur semata.

"Tapi, terpenting itu adalah konsolidasi demokrasi. Oleh karena itu, pendidikan politik dalam setiap jengkal program kampanye itu harus ada," ujarnya.

Pihaknya menargetkan, suara Rano-Embay mencapai 60 persen lebih.

"Insya Allah kita targetkan kemenangan di atas 60 persen. Kemenangan yang terhormat akan mengantarkan Rano-Embay yang juga terhormat dimata rakyat," tegasnya.

Model kampanye blusukan juga akan menjadi pilihan utama pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Banten WH- Andika. Menurut Ketua Tim Pemenangan Ebi Jauhari, WH-Andika akan mengandalkan kampanye tatap muka.

"Ya, melanjutkan silaturahmi dengan seluruh jaringan, masyarakat, semakin meningkatkan kegiatan di tingkat desa, kecamatan, kota dan kabupaten. Kita ketahui kan Pak WH itu kelebihannya bertatap muka dengan masyarakat," ujar Ebi, seusai rapat pleno.

Selain itu, kader-kader potensial dari tujuh partai koalisi yang mengusung WH-Andika akan dikerahkan ke masing-masing daerah pemilihannya (dapil) untuk meyakinkan bahwa WH-Andika adalah pasangan tepat untuk memimpin Banten ke depan.

"Silaturahmi mereka nanti bisa lewat pengajian, diskusi, kerja bakti dan sebagainya. Bagaimana kader ini dalam posisi lebih mengeratkan kader dengan kader, dan menguatkan keyakinan bahwa WH-andika menang," tukasnya.

Ditanya soal target, Ebi tak menyebut persentase. Menurutnya, terpenting WH-Andika menang.

"Ya, pokoknya menang lah. (Hasil survei) kan tidak terlalu jauh-jauh amat (dengan Rano-Embay)," ungkapnya. (Kuk/Quy)

Komentar