Jelang Pilgub Banten 2017

Ribuan Surat Suara Pilgub Banten di KPU Kota Cilegon Rusak

Ilustrasi surat suara. (Dok: tempo)
Ilustrasi surat suara. (Dok: tempo)

CILEGON, TitikNOL – Sebanyak 1.908 lembar surat suara Pilgub Banten 2017 yang diterima oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon rusak. Rusaknya kertas suara diketahui saat dilakukan penyortiran dan pelipatan surat suara.

Dikatakan Komisioner KPU Kota Cilegon Divisi Logistik Eli Jumaili, kerusakan pada kertas suara bervariasi mulai dari kertas surat suara yang kusut, mengkerut, bercak noda, robek, bercak kecil, cetakan memudar, membayang dan bolong.

"Jadi kerusakan surat suara itu sekitar 0,66 persen dari total surat suara yang kami terima dari KPU Provinsi Banten," ungkap Eli Jumaili saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (26/1/2017).

Kendati demikian, Eli mengaku sudah mengusulkan pengajuan pengantian kertas surat suara yang rusak ke KPU Provinsi Banten. "Surat suara yang rusak sudah kami ajukan KPU Provinsi supaya segera diganti," katanya.

Eli pun memastikan akan memusnahkan kertas surat suara yang rusak sebelum hari pencoblosan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan oleh orang tidak bertanggung jawab.
"Surat suara yang rusak nanti akan kita musnahkan sebelum hari pencoblosan," tutupnya. (Ardi/red)

Komentar