Kamis, 18 Juli 2024

Semarak HUT Ke-78 RI, Gardu Ganjar Muda Merevitalisasi Pos Ronda di Serang

SERANG, TitikNOL - Sukarelawan yang tergabung dalam Gerakan Desa untuk (Gardu) Ganjar Muda turut menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Republik Indonesia dengan kegiatan yang memberdayakan anak muda milenial dan generasi Z di Banten.

Kali ini, Gardu Ganjar Muda Banten bersama puluhan milenial merevitalisasi dan mempercantik pos ronda di Desa Sukamanah, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Banten pada Minggu (13/8/2023).

Ketua Gardu Ganjar Ahmad Wahyudin Nasyar mengatakan pihaknya meninjau revitalisasi dan renovasi pos ronda yang dilaksanakan Gardu Ganjar Muda di desa ini.

"Dalam persiapan ini, kami menghias pos ronda dengan karakter dan foto Pak Ganjar di wilayah masing-masing. Ini untuk menyambut HUT Ke-78 RI. Kriteria renovasi ini ialah pertama hiasan pos ronda yang identik dengan kemerdekaan dan kedua tentang sosok Ganjar Pranowo," katanya.

Wahyudin menyatakan revitalisasi pos ronda atau gardu ini sekaligus untuk menyosialisasikan sosok bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo dan memeriahkan HUT RI. Dia juga berharap pemuda makin menyemarakkan kemerdekaan.

Koordinator Gardu Ganjar Muda Banten David Solehudin mengatakan pihaknya sengaja merevitalisasi gardu-gardu di Kabupaten Serang untuk meningkatkan interaksi anak muda.

Selain itu, sebagai tempat menuangkan kreativitas. Jadi, pos ronda tidak hanya digunakan untuk kepentingan keamanan lingkungan.

"Gardu atau pos ronda menjadi titik kumpul interaksi sosial antar pemuda. Dalam rangka HUT Ke-78 RI, kami memandang bahwa pos ronda harus kembali sebagaimana fungsinya, sebagai sarana interaksi antara kepemudaan dan keamanan lingkungan," ucapnya.

David mengeklaim ada sekitar 15 gardu yang tersebar di Banten untuk direvitalisasi. Dia mengatakan pos ronda ini juga dimanfaatkan untuk menyosialisasikan sosok Ganjar Pranowo.

"Pos gardu juga menjadi tempat yang tepat untuk menyosialisasikan sosok Ganjar Pranowo kepada masyarakat," ucapnya.

Dalam kegiatan ini, Gardu Ganjar Muda bersama milenial dan generasi Z di Kabupaten Serang juga mendoakan Ganjar Pranowo terpilih sebagai presiden Indonesia periode 2024-2029 dalam Pemilihan Presiden nanti. (***)

Komentar