Sosialisasi ke Wartawan, KPU Harapkan Partisipasi Pemilih Meningkat

Sejumlah wartawan foto bersama KPU Lebak usai menggelar acara sosialisasi di gedung Bangkit, di Jalan RT. Hardiwinangun, Rangkasbitung . (Foto: TitikNOL)Sejumlah wartawan foto bersama KPU Lebak usai menggelar acara sosialisasi di gedung Bangkit, di Jalan RT. Hardiwinangun, Rangkasbitung . (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebak, menggelar sosialisasi Pilkada tahun 2018 kepada puluhan wartawan Harian Cetak, Elektronik dan Online di Kabupaten Lebak. Sosialisasi digelar di gedung Bangkit di Jalan RT. Hardiwinangun, Rangkasbitung Jum'at (22/12/2017).

Ketua KPU Provinsi Banten Agus Supriyatna mengatakan, tujuan sosialisasi untuk memberikan pengetahuan lebih soal pelaksanaan Pilkada, dengan harapan para wartawan dapat memberikan informasi kepada masyarakat melalui media baik Cetak, Televisi maupun media Online.

"Kita harapkan sosialisasi ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mengikuti pesta demokrasi pada Pilkada tahun 2018," kata Agus.

Menurut Agus, Pilkada serentak tahun 2018 akan digelar di dua kabupaten dan dua kota di Banten, yakni Kabupaten Tangerang, Kabupaten Lebak, Kota Tangerang dan Kota Serang. Dia berharap tingkat partisipasi pemilih meningkat.

Di tempat yang sama, Ketua Divisi Hukum KPU Lebak C.R Nurdin mengatakan, KPU Kabupaten Lebak sudah melakukan beberapa tahapan yang sudah selesai dan sedang dilakukan oleh KPU Lebak pada Pilkada tahun 2018 ini.

"Yang sudah dilakukan, seperti pembentukan PPK, PPS dan lainnya," ujar C.R Nurdin.

Dijelaskannya, jumlah PPK 224 orang, PPS 2.070 dan relawan demokrasi 28 orang. "Badan penyelenggara pemilihan tersebut diharapkan dapat menjalankan penyelenggaraan Pilkada serentak dengan lancar dan sukses," harap C.R. Nurdin.

Saat ini kata dia, KPU Lebak sedang melaksanakan verifikasi faktual terhadap sejumlah parpol. Selain itu, untuk penetapan partai politik peserta pemilu 2019 dan pengajuan bakal caleg DPR, DPD dan DPRD akan dilaksanakan pada bulan Maret dan Mei 2018.

"Ada dua belas parpol yang melanjutkan ke tahap verifikasi faktual yaitu, partai Perindo, PSI, PDIP, Hanura, Nasdem, PAN, PKS, Gerindra, Golkar, PPP, Demokrat dan PKB,"terangnya. (Gun/red)

Komentar