Jelang Pilgub Banten 2017

Tekan Angka Golput, KPU Kota Serang Gencar Lakukan Sosialisasi

Ilustrasi Golput. (Dok: satuharapan)
Ilustrasi Golput. (Dok: satuharapan)

SERANG, TitikNOL – Menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2017, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Tujuannya adalah untuk menekan angka Golongan Putih (Golput).

“Kita diberikan amanat oleh KPU Provinsi Banten untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Sosialiasai tersebut dilakukan kepada beberapa segmen pemilih, misalnya segmen pemilih pemula, aktivis perempuan, penyandang disabilitas dan kelompok agama. KPU Kota Serang sendiri sampai hari ini, sudah tiga kali melakukan sosialisasi,” kata Pengarah Pokja Sosialisasi KPU Kota Serang, Ali Faisal, Sabtu (3/9/2016).

Senada dengan Ali, Divisi SDM dan Sosialisasi KPU Kota Serang, Fierly MM mengatakan, ada tiga variabel yang mempengaruhi tingkat partisipasi pemilih dalam pemilu, yakni kesadaran masyarakat, efektifitas sosialiasi yang dilakukan penyelenggara dan ketertarikan masyarakat terhadap calon itu sendiri.

“Kalau melihatnya hanya sebatas apa yang sudah dilakukan KPU, tentu tidak akan maksimal. Soalnya, durasinya sangat singkat. Kami mengharapkan elemen masyarakat juga ikut berpartisifasi dalam menginformasikan tentang pilgub. Minimalnya mensosialisasikan tentang jadwal,” ungkapnya.

Di Kota Serang sendiri, lanjut Fierly. ada peningkatan pemilih dan TPS, tercatat ada sekitar sekitar 30.000 pemilih pemula. Harapannya, pemilih pemula tersebut juga bisa sadar dan aktif menggunakan hak pilihnya dalam nanti pilgub.

“Untuk tingkat pastisipasi terendah sendiri, biasa disumbang oleh kalangan pekerja, mahasiswa dan swasta. Lagi-lagi variabelnya tiga hal itu. Efektif tidaknya KPU melakukan sosialisasi, tingkat kesadaran masyarakat dan ketertarikan masyarakat terhadap kandidat,” jelasnya. (Tisna/rif)

Komentar