Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Beri Sosialisasi kepada Waria di Cilegon

Ketua KPU Banten Agus Supriyatna saat memberikan sosialisasi tahapan Pilgub Banten kepada Komunitas Waria di Aula Puskesmas Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon. (Foto: TitikNOL)Ketua KPU Banten Agus Supriyatna saat memberikan sosialisasi tahapan Pilgub Banten kepada Komunitas Waria di Aula Puskesmas Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL – Jelang Pilgub 2017, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten tidak tebang pilih dalam mensosialisasikan tentang tahapan pemilihan Gubernur. Itu terlihat jelas, di mana puluhan wanita pria (waria) yang tergabung dalam Ikatan Waria Cilegon (IWACI), mendapatkan sosialisasi.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Puskesmas Kecamatan Purwakarta, kota Cilegon, Jumat (20/1/2017).

Ketua KPU Provinsi Banten, Agus Supriyatna mengatakan, sosialisasi kepada komunitas waria tersebut, bertujuan untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih pada Pilgub Banten 15 Februari 2017 mendatang.

"Ini penting dilakukan karena mereka (waria) itu harus mendapatkan akses pemilih yang sama dengan yang lainnya," ujarnya.

Menurut Agus, bagaimana pun waria itu adalah masyarakat Banten yang harus ikut serta dalam pesta demokrasi lima tahuan tersebut. "Untuk target kita dalam sosialisasi Pilgub Banten bisa mencapai semua kalangan. Salah satunya kepada komunitas waria ini.

Ia menambahkan, di Kota Cilegon, tingkat partisipasi pemilihnya saat Pilkada beberapa waktu yang lalu mencapai 62 persen. “Namun kita berharap tingkat partisipasi pemilih pada Pilgub Banten ini bisa mencapai 77 persen," harapnya.

Sementara itu, Ketua Ikatawan Waria Cilegon, Weni Marwastiyo mengaku senang dengan adanya sosialisasi tahapan Pilgub Banten tersebut.

"Kami sebagai kaum marjinal sangat senang sekali karena telah dilibatkan dalam sosialisasi Pilgub Banten ini. Kami juga berharap siapa pun pemimpin Banten yang terpilih nanti bisa memperhatikan kaum seperti kami ini," harap Weni. (Ardi/Rif)

Komentar