Tingkatkan Partisipasi Pilkada 2017, Pemda Diminta Ikut Sosialisasi

Ilustrasi Pilkada 2017. (Dok: infobmr)Ilustrasi Pilkada 2017. (Dok: infobmr)

JAKARTA, TitikNOL - Wakil Ketua Komisi II DPR RI Lukman Edy berharap, pemerintahan daerah ikut mensosialisasikan bagi daerah-daerah yang ikut melaksanakan Pilkada serentak 2017.

Pasalnya, ia menilai saat melakukan kunjungan kerja ke berbagai daerah yang ikut Pilkada 2017 terlihat sepi. Selain itu, ia mengkhawatirkan nanti tingkat partisipasi politik Pilkada 2017 akan menurun akibat sosialisasi yang minim.

"Revisi UU Pilkada ini kita mendorong pemda terlibat dalam soialisasi pilkada. Ini kita ingin liat juga ada tidak upaya pemda melakukan itu," ujar Lukman di gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (13/1/2017).

Menurutnya, dari 101 daerah yang melakukan pelaksanaan Pilkada hanya DKI Jakarta yang terlihat ramai diberbagai macam media. Untuk itu, ia berharap kedepannya Pemda dan pasangan calon kepala daerah ikut sosialiasi melalui alat peraga kampanye (APK) secara maksimal agar meningkatkan partisipasi politik.

"Pemasangan APK juga minim. Selain DKI, kita ke Riau, Papua, Sulawesi. Kita melihat ya pemerintah kan maunya pas kita membahas UU itu, sampai Presiden Jokowi bicara kok pilkada sepi-sepi saja," tandas politisi PKB itu. (Bara/Rif)

Komentar