Jelang Pilgub Banten 2017

Tolak Politik Uang, Ini Bukti Keseriusan Pasangan Rano-Embay

Ketua Bidang Seni Budaya DPD PDIP Banten, Asep Rahmatullah. (Dok: tangerangrayaonline)Ketua Bidang Seni Budaya DPD PDIP Banten, Asep Rahmatullah. (Dok: tangerangrayaonline)

SERANG, TitikNOL - Usai Deklarasi Anti Politik Uang bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banten, Pasangan Calon nomor urut dua Rano Karno - Embay Mulya Syarief menunjukan keseriusannya dalam menolak money politik di ajang Pilgub 15 Februari 2017 nanti.

Hal itu terlihat jelas, dengan melangsungkan Gelar Pasukan Tolak Money Politik hari ini. Dimana gelar pasukan ini untuk meminimalisir gerakan yang akan mencederai demokrasi. "Ini bagian kepedulian kita untuk mengawal demokrasi yang bersih dan jujur,” kata Ketua Bidang Seni Budaya DPD PDIP Banten, Asep Rahmatullah, di Kota Serang, Kamis (9/2/2017).

Asep menjelaskan, Sekitar 3.000 pasukan dari pengurus partai pengusung seperti PDIP, PPP dan NasDem ikut terjun bersama untuk menolak money politik. Adapun nantinya 3.000 pasukan ini akan disebarkan ke seluruh tempat pemungutan suara (TPS).

"Jumlah TPS ada 16 ribu lebih, perhitungannya kan berarti sekitar lima orang per TPS nya yang akan diterjunkan," jelasnya.

Maraknya kasus money politik menjelang hari pencoblosan sudah banyak bermunculan, menjadi dasar alasan kenapa pasukan tersebut dibentuk.

“Hal lain karena berdasarkan survei, toleransi terhadap money politik ini mencapai 68 persen. Makanya akan menjadi kemunduran kalau kita dari partai politik tidak melakukan gerakan edukasi terhadap masyarakat,” ungkapnya.

Saat ini, Asep mengaku telah mengantongi pemetaan wilayah rawan money politik menjelang pelaksanaan Pilkada Banten. “Kita sudah ada pemetaan. Kita akan terjunkan petugas di sana. Kota Serang dan Kabupaten Serang menurut survei mereka toleran terhadap money politik,” pungkasnya. (Meghat/Rif)

Komentar