Pencabutan Pembekuan PSSI Akan Segera Dilakukan

Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Gatot S Dewabroto. (Dok:net)Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Gatot S Dewabroto. (Dok:net)

TitikNOL - Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Gatot S Dewabroto, mengatakan pihaknya akan segera melakukan pencabutan pembekuan PSSI sebelum kongres FIFA di Meksiko, 12 Mei 2016. Itu setelah, pihak Kemenpora mendapat mandat dari Presiden RI, Joko Widodo.

Gatot menyebutkan, saat ini pihaknya sedang mengkaji soal pencabutan pembekuan PSSI. Meskipun sebelumnya Kemenpora ingin melakukan peninjauan kembali terkait keputusan Mahkamah Agung yang memenangkan gugatan pihak PSSI terhadap surat keputusan bernomor 01307 tertanggal 17 April 2015 itu.

"Kami tidak ingin mendahului. Tapi yang jelas bahasa Pak Presiden yang masih kami kutip, persoalan ini akan selesai sebelum kongres FIFA," ujar Gatot di kantor Kemenpora, Rabu (27/4).

"Kami belum dapat arahan detail tetapi dalam konteks kasasi sudah dan bahasa kami menghitung hari. Semoga itu bisa diselesaikan," tambah pria yang juga menjadi anggota Tim Transisi itu. 

Sebagaimana diketahui, sudah setahun lebih pemerintah membekukan induk sepakbola Tanah Air itu. Banyak dampak yang terjadi setelah pembekuan tersebut, termasuk tidak adanya kompetisi yang bergulir.

Lebih parahnya, FIFA selaku induk sepakbola dunia menjatuhkan sanksi kepada Indonesia. Itu terjadi karena FIFA menganggap adanya intervensi pemerintah yang memutuskan melakukan pembekuaan terhadap PSSI. Akibat sanksi FIFA tersebut timnas Indonesia tidak bisa berlaga di ajang internasional.

Seperti diketahui, perwakilan pemerintah dalam hal ini ketua umum KOI, Erick Thohir dan ketua Komite Ad-hoc Reformasi PSSI, Agum Gumelar, telah melakukan pertemuan dengan presiden FIFA, Gianni Infantino, di Swiss, Selasa (26/4). Dalam pertemuan itu, FIFA berharap Indonesia bisa segera menyelesaikan permasalahannya sehingga sanksi suspensinya bisa dicabut oleh organisasi sepakbola tertinggi di dunia itu.

 

 

 

 

 

 

Sumber: www.goal.com

TAG pssi
Komentar