Selasa, 23 Juli 2024

TNUK Gelar Peningkatan Kapasitas dan Kompetensi Penguasaan aplikasi SMART Patrol

PANDEGLANG, TitikNOL - Sejak akhir tahun 2020 Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) telah melakukan implementasi aplikasi SMART Patrol bagi petugas lapangan dalam rangka pengambilan data (Data Collection).

Secara sederhana Penguasaan aplikasi SMART Patrol dapat dikategorikan menjadi tiga level, pertama pengambil data lapangan (Data Collection), kedua operator pengelolaan data lapangan (Data Manager), dan ketiga operator pengembangan (Conservation Area (CA) Administrator).

Kepala Balai TNUK, Ardi Andono mengatakan ini dalam rangka pengelolaan Kawasan konservasi, Penguasaan aplikasi SMART Patrol level kedua (Data manager) dan ketiga (CA Administrator) juga sangat diperlukan pada tingkat seksi wilayah maupun kantor Balai TNUK.

“Hal tersebut dimaksudkan agar manfaat aplikasi SMART Patrol dapat dirasakan secara maksimal untuk membantu pengelolaan TNUK kedepan,” kata Ardi dalam siaran persnya.

Sehubungan dengan pemenuhan kebutuhan tersebut, lanjut Ardi maka dilakukan kegiatan peningkatan kapasitas dan kompetensi petugas TNUK melalui kegiatan Training of Trainer (ToT) yang diselenggarakan bekerjasama dengan Mitra (ALeRT).

“Selain sebagai petugas level kedua dan ketiga, diharapkan para petugas yang ditingkatkan kapasitasnya mampu untuk melanjutkan kaderisasi operator-operator pengambil data lapangan dimasa yang akan datang,” lanjutnya.

Menurutnya, pentingnya metode pengambilan data itu tentunya pada saat mengambil data, dan harus diverifikasi, apabila verifikasi disampaikan tidak dengan baik atau tidak valid, jangan sampai terjadi.

“Contoh daerah yang ada harimau, beruang dan macan dahan, yang sulit membedakan temuan cakaran, karena kita tidak tau satwa mana yang mencakar, sekilas memang tidak terlihat bedanya, kalo ahlinya bisa jadi terlihat, data yang kita input dan kita tampilkan harus valid, diinput valid dan diverifikasi dengan valid, maka data yang di tampilkan luar biasa” pungkasnya. (TN)

Komentar