Sabtu, 20 Juli 2024

Cegah Osteoporosis yang Mengintai Perempuan dan Lansia dengan Cara Berikut

Ilustrasi. (Dok: Klikdokter)
Ilustrasi. (Dok: Klikdokter)

TitikNOL - Semakin bertambahnya usia, kesehatan dan kebugaran tubuh umumnya akan semakin berkurang. Salah satu penyakit yang mengintai masyarakat usia lanjut khususnya perempuan adalah osteoporosis.

    Osteoporosis atau tulang keropos adalah kondisi dimana massa tulang mengalami penurunan, tulang menjadi lebih rapuh dan berisiko mengalami patah tulang.

    Ira Purnamasari Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya menjelasakn, beberapa penelitian menjelaskan bahwa perempuan dewasa memiliki massa tulang yang lebih sedikit dibandingkan pria dewasa, apalagi setelah menopause, perempuan mulai kehilangan massa tulang lebih cepat daripada pria.

    “Perempuan pada usia 70 tahun mengalami kehilangan massa tulang sampai 50%. Sedangkan, pria pada usia 90 tahun mengalami kehilangan massa tulang hanya 25%,”ujar Ira, dikutip dari situs UM Surabaya.

    Penyebab utamanya adalah saat perempuan menopause, terjadi penurunan hormon estrogen.

    Padahal salah satu fungsi hormon estrogen adalah membantu mengatur pengangkutan kalsium ke dalam tulang, kalsium berfungsi untuk menghambat pemecahan tulang.

    “Pada pria massa tulang lebih besar dan tidak mengalami perubahan hormonal mendadak, berbeda dengan perempuan, berkurangnya hormon estrogen saat menopause mengakibatkan perempuan lebih berisiko mengalami osteoporosis serius,” jelas Ira

    Tips mencegah osteoporosis

    Menurut Ira, tujuan dari pencegahan osteoporosis adalah mempertahankan atau meningkatkan kepadatan tulang. Berikut ini beberapa tips mencegah osteoporosis khususnya bagi perempuan.

    1. Mengkonsumsi kalsium

    Mengkonsumsi kalsium dalam jumlah yang cukup sangat efektif terutama sebelum tercapainya kepadatan tulang maksimal pada usia sekitar 35 tahun. Kalsium dapat diperoleh dari makanan seperti

    • Keju
    • Beragam jenis ikan seperti ikan salmon, ikan sarden, ikan tongkol
    • Kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang tanah, almond, biji wijen
    • Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, pakcoy, sawi
    • Buah-buahan seperti pepaya, jeruk, kurma, alpukat, labu kuning, mangga

    Selain itu, mengkonsumsi susu yang mengandung kalsium atau dengan suplemen kalsium (dosis harian yang dianjurkan 1,5 gram) dan tambahan vitamin D secara efektif dapat meningkatkan kepadatan tulang.

    2. Melakukan olahraga

    Tips kedua untuk mencegah osteoporosis yang sering menyerang perempuan adalah dengan berolahraga.

    “Melakukan olahraga dengan beban sesuai batas kemampuan, seperti berjalan dan menaiki tangga akan meningkatkan kepadatan tulang,”imbuhnya lagi.

    3. Terapi sulih hormon estrogen

    Terapi ini paling efektif dimulai dalam 4-6 tahun setelah menopause, guna memperlambat kehilangan massa tulang dan menurunkan risiko fraktur.

    “Penting bagi perempuan untuk lebih peduli terhadap dirinya, terutama dalam mengkonsumsi kalsium dan vitamin D dalam jumlah yang cukup, guna mencegah terjadinya osteoporosis,” ungkap Ira.












    Berita ini telah tayang di kontan.co.id, dengan judul: 3 Tips Mencegah Osteoporosis yang Mengintai Perempuan dan Lansia

    Komentar