Warga Pesisir Pantai Selatan Banten Masih Cemas Gempa Susulan

Ilustrasi. (Dok: Jambiupdate)Ilustrasi. (Dok: Jambiupdate)

LEBAK, TitikNOL - Sejumlah warga yang tinggal di pesisir pantai selatan tepatnya di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, merasakan guncangan gempa berkekuatan 6,4 SR hingga empat kali.

Salah satu warga Bayah bernama Yoga mengatakan, setelah gempa pertama mengguncang, kembali terjadi gempa susulan sekitar empat kali guncangan.

"Di sini empat kali kerasa gempanya," kata Yoga dihubungi via whatshap, Selasa (23/01/2018).

Baca juga: Dampak Gempa di Kabupaten Lebak Ratusan Rumah Rusak, Ini Datanya

Hal serupa juga dialami Rosaliana. Ia mengaku merasakan guncangan gempa sebanyak dua kali setelah gempa pertama yang berkekuatan 6,4 SR.

"Iyah tadi ada lagi gempa, kerasanya dua kali setelah gempa pertama," singkatnya.

Sejumlah warga pun mengaku masih dalam kondisi panik dan khawatir terjadinya gempa susulan yang lebih besar kembali.

"Iyah kita di sini harus hati-hati, takut ada gempa susulan yang gede lagi," cemasnya.

Baca juga: BMKG Serang: Sudah 20 Gempa Susulan Terjadi di Banten

Perlu diketahui, Gempa bumi berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Lebak, Banten. Bahkan gempa terasa hingga ibu kota Jakarta.

Gempa tersebut tidak menimbulkan gelombang tsunami. Berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada pada titik koordinat 7.21 Lintang Selatan dan 105.91 Bujur Timur. Gempa terjadi pukul 13.35 WIB.

Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut. Pusat gempa berada di laut 81 kilometer Barat Daya Lebka. Getaran gempa juga dirasakan hingga ke Jakarta bahkan Bogor. (Gat/TN1)

Komentar
Tag Terkait