5 Tips Membeli Smartphone Kelas Menengah Murah Berkualitas

Ilustrasi. (Dok: Okezone)
Ilustrasi. (Dok: Okezone)

TitikNOL - Siapa bilang HP bagus harus mahal? Banyak smartphone mid range, atau kelas menengah, dengan kualitas yang tidak kalah dari model high-end. Adapun yang dimaksud dengan smartphone kelas menengah adalah, smartphone dengan kisaran harga Rp 2 juta sampai Rp 4 jutaan. Seperti Redmi Note 8 contohnya.

Baik itu untuk kamu yang suka fotografi atau main game online, saat ini tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan smartphone yang cocok dengan hob. Tentu saja, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan supaya bisa mendapatkan smartphone yang tepat dan tahan lama.

1. Apa yang kamu butuhkan?

Pastinya langkah pertama adalah menentukan, untuk apa biasanya penggunaan smartphone Anda? Setelah Anda bisa menentukan hal ini, Anda akan mengetahui spesifikasi apa yang Anda butuhkan.

Misalnya, orang yang menggunakan smartphone untuk nonton film dan video akan membutuhkan perangkat dengan kualitas layar yang bagus. Lalu, orang yang sering menggunakan smartphone untuk main game online, membutuhkan kualitas layar, chipset, dan suara yang bagus.

Spesifikasi ini juga yang nantinya mempengaruhi anggaran dana Anda. Makin bagus spesifikasinya, semakin mahal pula harganya. Jadi, pastikan Anda membeli smartphone yang dibutuhkan, bukan sekedar hanya karena keinginan dan ikut-ikutan trend.

2. Apa chipset nya?

Chipset merupakan bagian yang mempengaruhi kinerja smartphone secara keseluruhan. Biasanya, jika Anda membeli smartphone untuk main game online. Kinerja chipset harus diutamakan.

Untuk smartphone kelas menengah sendiri, sebaiknya Anda mencari yang memiliki chipset, setidaknya, Snapdragon 625 atau 636. Dimana smartphone dengan chipset ini memiliki performa yang bagus, bahkan hampir sama dengan produk flagship.

Ada juga beberapa smartphone kelas menengah yang sudah menggunakan chipset seperti Snapdragon 710. Di mana smartphone dengan chip ini memiliki kecepatan unggah file 800MB/s. Perangkat HP dengan chipset seperti ini biasanya sudah bisa berada dalam kisaran harga Rp 3 juta sampai Rp 4 juta, tergantung merek dan spesifikasi lainnya.

3. Bagaimana kualitas kameranya?

Anda pasti akan menggunakan kamera smartphone sewaktu-waktu, walaupun kamu bukan orang yang hobi selfie. Oleh karenanya, kualitas kamera harus Anda perhatikan saat membeli smartphone, bahkan untuk kelas mid range atau menengah.

Smartphone dengan harga mulai Rp 3 juta sudah memiliki kamera dengan kualitas menarik. Seperti kamera dengan resolusi 48 MP untuk kamera utama, ditambah kamera pendukung. Dengan kualitas kamera seperti ini, Anda sudah bisa mendapatkan foto-foto berkualitas baik untuk pemotretan di dalam ruangan maupun di luar.

Jangan salah juga, semua smartphone kelas menengah sudah memiliki fitur fotografi yang cukup untuk berbagai keperluan, seperti autofocus, filter, dan pengatur kecerahan serta cahaya.

Jadi, jangan hanya membaca spesifikasi lensa kameranya. Pastikan juga Anda membaca spesifikasi fitur-fitur penunjang lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengedit foto dan video.

4. Seperti apa desainnya?

Apapun alasan Anda membeli smartphone, Anda pasti tidak ingin desain yang jelek atau tidak sesuai dengan gaya. Yang dimaksud dengan desain bukan hanya warna dan bentuk, melainkan juga materialnya. Kalau kamu sekedar mengejar harga murah tanpa memperhatikan kualitas material yang rapuh, smartphone Anda akan mudah rusak.

Umumnya perangkat smartphone kelas menengah menggunakan plastik untuk bahan bodinya. Jadi, Anda bisa memeriksa apakah bahan plastik yang digunakan cukup kuat atau tidak.

Lebih baik lagi, jika Anda sudah menentukan dan mengetahui spesifikasi model yang ingin dibeli. Anda bisa membaca ulasan atau deskripsi produk di situs-situs teknologi atau pada situs resmi produsen. Sehingga saat membeli Anda sudah tahu apa yang kamu akan didapatkan. Apalagi, jika Anda membeli online, akan sulit memeriksa materialnya secara langsung.

5. Beli online atau offline?

Pembelian smartphone baru yang paling aman memang dari website atau toko produsennya langsung. Meskipun demikian, bukan berarti toko lain tidak bisa dipercaya. Banyak toko online atau pihak reseller terpercaya yang bisa Anda akses secara online maupun offline.

Supaya Anda tidak tertipu oleh reseller saat membeli smartphone online, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

  • Anda berbelanja di aplikasi atau situs marketplace yang resmi.
  • Lihat deskripsi produk, dan jangan sungkan untuk bertanya.
  • Selalu lihat ulasan dari pembeli sebelumnya, serta reputasi penjual.

Sedangkan, jika Anda lebih suka membeli secara offline, pastikan Anda hanya datang ke toko yang resmi. Di mana Anda diizinkan untuk melihat deskripsi produk, serta menanyakan kelengkapan produk secara mendetail. Hal ini penting untuk memastikan barang yang Anda terima bukan barang palsu.

Kemudian untuk Anda yang suka diskon, ada baiknya membeli smartphone di saat-saat istimewa, seperti saat Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) atau hari-hari besar. Hal ini karena pada saat-saat inilah kamu akan mendapatkan potongan harga yang lebih tinggi dibanding hari biasa. Semoga info ini bermanfaat!

Komentar