Awas! Meminjam Makeup Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan

Ilustrasi. (Dok: Ghiboo)Ilustrasi. (Dok: Ghiboo)

TitikNOL - Suka atau terbiasa saling meminjam Makeup dengan teman? Hati-hati ya Teens bisa berbahaya bagi kesehatan, lho.

Makeup atau riasan wajah merupakan salah satu kebutuhan utama bagi kaum hawa. Survei yang diadakan oleh produsen produk perawatan kulit ternama, PT Beiersdof Indonesia, pada tahun 2016 tentang penggunaan makeup menjumpai fakta bahwa 80 persen wanita Indonesia menggunakan makeup untuk sehari-hari. Makeup yang dimaksud termasuk bedak wajah, lipstik, dan perona pipi.

Di kalangan para wanita, saling meminjam makeup atau aplikatornya dengan teman maupun keluarga merupakan hal yang wajar terjadi. Walaupun kelihatannya tidak berbahaya, menggunakan makeup bergantian dengan orang lain dapat berisiko terhadap kesehatan dan berpotensi menyebabkan masalah medis yang serius.

Menurut pernyataan dr. Vivian Bucay dalam majalah New Beauty, kita tidak seharusnya berbagi barang yang memiliki kontak langsung dengan kulit ataupun membran mukus. Makeup merupakan salah satu barang yang bersentuhan langsung dengan kulit dan sebaiknya kita tidak berbagi atau saling pinjam dengan orang lain. Produk makeup yang biasanya digunakan secara bersama-sama oleh wanita yaitu seperti bedak, lipstick, eyeshadow, maskara, dan aplikator makeup seperti kuas dan sponge.

Makeup dan aplikatornya merupakan tempat berkembang biak yang ideal bagi bakteri dan virus. Dokter spesialis kulit Whitney Bowe, dikutip dari wawancaranya dengan majalah Instyle, mengungkapkan bahwa organisme mikroskopis dapat dengan mudah dipindahkan dari satu orang ke lainnya melalui makeup. Walaupun teman anda terlihat sedang tidak sakit, tetapi bisa jadi dia membawa kuman penyakit yang dapat ditularkan kapan saja. Bakteri dan virus yang ada di makeup tersebut dapat menyebabkan timbulnya jerawat, iritasi di sekitar bibir, infeksi mata, hingga herpes dan penyakit kulit lainnya. Menyeramkan sekali bukan?!

Yuk, simak bahaya kesehatan yang ditimbulkan akibat penggunaan makeup secara bergantian (sharing makeup) berikut ini:

Infeksi Mata

Mata memerah adalah salah satu tanda mata iritasi, hal ini dapat disebabkan karena tertular melalui penggunaan makeup mata secara bergantian terutama pada pengguna kontak lensa karena menurut sebuah artikel Buzzfeed, bakteri dapat bersembunyi dibalik leris mata. Seperti yang dikatakan oleh Jeanine B. Downie, seorang dermatologis asal Montclair dalam wawancaranya dengan majalah New Beauty bahwa berbagi kosmetik terutama maskara, eyeshadow dan eyeliner dapat menyebabkan infeksi mata yang buruk.

Jerawat

Jerawat merupakan salah satu efek penggunaan makeup bergantian yang paling sering dirasakan dan lebih cepat muncul. Setiap kontak antara makeup dan kulit terjadi perpindahan kuman maka dari itu makeup yang terkontaminasi dapat menyebabkan munculnya jerawat. Menurut artikel dari Buzzfeed, bahkan jerawat kecil dapat menjadi infeksi apabila menggunakan makeup yang terkontaminasi, terutama akibat pemakaian makeup bersama dimana dapat terjadi pertukaran bakteri penyebab jerawat.

Herpes

Dibawah permukaan bibir terdapat jaringan pembuluh darah yang luas, menurut dr. Bowe bakteri dapat berpindah melalui mulut kita ke aliran darah. Berarti bibir dapat menyerap apa saja yang kita pakai, termasuk juga kuman yang ada dalam makeup. Ditambah lagi virus Herpes bisa menular apabila kita berbagi makeup dengan orang yang terinfeksi Herpes.

Menggunakan Makeup secara bergantian dengan teman anda tidak selamanya buruk apabila dilakukan dengan cara yang benar dan higienis. Berikut ini merupakan rekomendasi dari FDA Office of Women's Health untuk menjaga agar makeup yang kita gunakan tetap bersih dan terhindar dari bakteri dan virus:

Cuci tangan sebelum menggunakan produk makeup.

Membuang produk apabila warna dan baunya sudah berubah.

Menutup rapat wadah makeup apabila tidak digunakan dan senantiasa menjaga kebersihannya.

Menyimpan makeup di suhu ruangan dan hindari dari paparan sinar matahari langsung. Suhu diatas 29 derajat Celcius dapat berbahaya bagi kualitas makeup.

Baca label petunjuk penggunaan makeup dan cermati kandungan, tanggal kadaluarsa, serta peringatan yang ada.

Jangan menggunakan saliva atau air ludah untuk menipiskan makeup yang clumpy.

Menjaga personal hygiene dalam penggunaan makeup sehari-hari sangatlah penting untuk melindungi diri sendiri dari bakteri dan virus akibat menggunakan makeup. Jadi, perhatikan dulu hal-hal diatas sebelum anda berbagi makeup dengan teman anda dan hindari untuk berbagi makeup secara sembarangan.

You can share your secrets, your hopes and your dreams with your friends. However, dermatologists caution, you should never share your makeup. So, be selective on what you do share, spread the love-- not the germs!

Nah, hati-hati ya Teens, jangan suka berbagi makeup dan meminjamkan aplikatornya karena bisa bahaya bagi kesehatan!

Berita ini telah tayang di teen.co.id, dengan judul: Hati-hati dengan Kebiasaan Meminjam Makeup, Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan, lho!

Komentar