Beberapa Langkah Memulihkan Kondisi Tubuh Usai Bersepeda

Ilustrasi. (Dok: Tempo)
Ilustrasi. (Dok: Tempo)

TitikNOL - Istirahat dan memulihkan diri setelah bersepeda sangatlah penting. Pesepeda profesional punya aturan ketat yang memungkinkan tubuh beradaptasi dan menjadi lebih kuat, namun kita belum tentu bisa melakukan hal yang sama. Ada berbagai langkah sederhana yang dapat kita lakukan untuk memberikan tubuh dan otot kita bahan bakar serta istirahat yang dibutuhkan agar kita tetap bugar, termotivasi, dan bebas cedera.

1. Pemulihan tubuh pasca bersepeda

Setelah latihan keras, penting untuk memulihkan tubuh dan otot-otot kaki kita. Lanjutkan bersepeda selama 10-15 menit dengan santai untuk mengembalikan tubuh kita ke kondisi sebelum latihan. Pendinginan akan membantu menghilangkan limbah dari otot-otot dan mengalirkan darah kita ke seluruh tubuh untuk mencegah pusing atau pingsan setelah latihan.

2. Penuhi asupan nutrisi

Sangat penting untuk mendapatkan nutrisi tepat sebelum dan seusai bersepeda. Kita perlu mengisi kembali bahan bakar tubuh kita dengan karbohidrat, protein, dan air putih. Protein sangat baik bagi otot, di mana akan menurunkan risiko kerusakan otot yang disebabkan oleh latihan dan membantu memperbaiki serta membangun otot. Ayam, ikan, telur, dan kacang-kacangan adalah sumber protein yang baik. Selain itu, penuhi asupan karbohidrat segera setelah periode latihan keras untuk membantu pemulihan otot. Selalu pastikan kita terhidrasi penuh selama dan setelah bersepeda, jadi jangan lupa untuk membawa botol berisi air mineral.

3. Menjaga kondisi otot

Meskipun pijatan pasca bersepeda sulit diterapkan sebagian pesepeda pemula, kita masih dapat menjaga kondisi otot dengan roller busa (foam roller). Memijat otot akan mencegah simpul otot, mendorong cairan dan limbah di dalam tubuh kita keluar sembari membantu aliran darah untuk mempercepat proses perbaikan otot.

4. Tidur

Kualitas tidur sangat penting dalam membantu tubuh kita pulih setelah latihan keras. Walaupun setiap individu berbeda, cobalah tidur selama tujuh atau delapan jam di malam hari, terutama setelah latihan. Jika kita tiba di rumah lebih awal, cobalah tidur sejenak. Tidur nyenyak membantu memperbaiki dan memulihkan otot. Hindari latihan keras dan kafein, nikotin, serta alkohol dua jam sebelum tidur.

Berita ini telah tayang di lifestyle.kompas.com, dengan judul: 4 Langkah Memulihkan Kondisi Tubuh Usai Bersepeda

Komentar